TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Menghadapi Inner Critic, Ganti dengan Pemahaman 

Kamu tidak sendirian 

ilustrasi pria stres (pexels.com/Inzmam Khan)

Apakah kamu pernah merasakan suara dalam diri kamu yang terus mengkritik, meragukan, atau bahkan merendahkan diri sendiri? Jika ya, kamu tidak sendirian. Banyak orang mengalami apa yang disebut sebagai "inner critic" atau kritik diri internal yang mengganggu dan dapat menghambat perkembangan pribadi.

Namun, jangan khawatir, ada beberapa cara ampuh untuk menghadapi dan mengatasi inner critic dalam self talk. Berikut ini adalah lima cara ampuh menghadapi inner critic dalam self talk yang dapat kamu terapkan. Simak terus sampai poin terakhir, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menghadapi Kritik dengan Santai, Jangan Fokus pada Emosinya

1. Sadari dan identifikasi inner critic

ilustrasi mindfulness (pexels.com/Kelvin Valerio)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah menyadari keberadaan inner critic dalam pikiran dan mempelajari cara mengidentifikasinya. Inner critic sering muncul dalam bentuk suara dalam kepala yang mengkritik, meragukan, atau membandingkan diri dengan orang lain.

Ketika kamu merasa negatif atau kurang percaya diri, hentikan sejenak dan perhatikan apa yang sedang kamu katakan kepada diri sendiri. Apakah itu kata-kata yang mendukung atau kritik yang merugikan? Dengan mengenali pola pikir yang merugikan, kamu dapat mulai mengambil langkah-langkah untuk mengatasi inner critic.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kritik Tak Membangun dari Rekan Kerja, Jangan Emosi!

2. Gantikan kritik dengan pemahaman dan penghargaan

Wanita Memegang Bohlam (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Daripada terjebak dalam siklus kritik yang tidak sehat, cobalah menggantikan setiap kritik dengan pemahaman dan penghargaan terhadap diri sendiri. Sadarilah bahwa tidak ada yang sempurna, dan setiap orang memiliki kelemahan dan kekuatan mereka sendiri.

Ketika inner critic mengatakan "Aku selalu gagal dalam segala hal," balaslah dengan pikiran seperti "Aku telah menghadapi banyak tantangan dan belajar dari pengalamanku." Ini membantu menggeser perspektif negatif menjadi lebih positif dan membangun kepercayaan diri.

3. Latih mindfulness dan self compassion

Wanita tersenyum (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Praktik mindfulness dan self compassion dapat membantu mengatasi inner critic. Mindfulness melibatkan kesadaran penuh terhadap pikiran dan perasaanmu tanpa menilai atau terjebak di dalamnya. Ketika inner critic muncul, hadapi dengan penerimaan dan belas kasihan pada diri sendiri. Ingatkan diri kamu bahwa kamu manusia, dan manusia membuat kesalahan.

Beri dirimu dukungan dan pengertian yang sama seperti yang kamu berikan kepada orang lain yang kamu cintai. Dengan melatih self compassion, kamu membangun fondasi yang kuat untuk menghadapi inner critic.

4. Buat afirmasi positif

Wanita melakukan tanda hati (pexels.com/Hassan OUAJBIR)

Afirmasi positif adalah kalimat pendek yang membantu mengubah pola pikir negatif menjadi positif. Buatlah daftar afirmasi positif yang menguatkan dan relevan dengan perjuangan dan pencapaian pribadimu.

Contohnya, "Aku adalah orang yang berharga dan mampu menghadapi tantangan dengan keberanian." Ucapkan afirmasi ini dengan yakin setiap hari dalam self talk-mu. Saat inner critic muncul, gunakan afirmasi ini untuk menenangkan pikiran negatif dan menggantinya dengan keyakinan positif.

Baca Juga: 6 Alasan Reparenting Inner Child Bermanfaat bagi Dewasa

Verified Writer

Salman Al Fansyauri

Peria Biasa Yang Suka Membaca Buku Berbagai Genre

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya