TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Alasan Orang Tetap Setia Belanja Offline di Era Semua Serba Online

Jauh lebih efisien dan aman

ilustrasi berbelanja di offline store (pexels.com/Gustavo Fring)

Sekarang ini, hampir segala hal sudah dapat dijalankan atau diakses secara online. Mulai dari belajar, berkomunikasi, hingga berbelanja sekalipun. Berkat perkembangan teknologi yang begitu pesat, kini dengan bermodalkan smartphone dan kuota internet, kita dapat mengerjakan apa pun, tanpa harus pergi ke luar rumah.

Meski saat ini semuanya terkesan serba onlinem, tapi untuk beberapa aktivitas seperti berbelanja, beberapa orang nyatanya masih lebih suka metode belanja konvensional alias belanja offline. Kira-kira, kenapa mereka memilih hal tersebut, ya?

1. Merasakan pengalaman berbelanja yang nyata

ilustrasi penjual dan pembeli (pexels.com/Rossella Fasoli)

Bila dibandingkan dengan hanya duduk di rumah saja sambil menggerakkan jari di layar ponsel. Belanja offline memungkinkanmu untuk merasakan pengalaman berbelanja yang lebih nyata.

Saat belanja di supermarket atau toko buku, misalnya, kamu perlu berpindah dari satu rak ke rak lainnya demi mencari barang yang sesuai. Pun bila sedang berbelanja di pasar, kamu juga masih harus bergerak ke banyak tempat untuk melihat-lihat sekaligus bertanya ke pihak penjual.

Tentunya, pengalaman seperti tadi tidak bisa dirasakan dengan hanya mengandalkan metode belanja online semata. Inilah yang membuat banyak orang masih tetap setia berbelanja secara offline.

2. Dapat mengetahui kondisi asli barangnya

ilustrasi berbelanja pakaian (pexels.com/MART PRODUCTION)

Poin ini memang tidak berlaku untuk semua barang yang dipajang di toko offline. Sebab, ada beberapa barang yang memang harus dibeli dulu, agar kamu dapat mengetahui isi atau kondisi barang di dalamnya.

Namun, sebenarnya banyak juga produk di toko offline yang memberimu kesempatan untuk tidak hanya melihat ukuran asli barang atau merasakan teksturnya. Namun, kamu juga turut diperbolehkan untuk mencobanya langsung.

Hal seperti tadi tentunya memudahkanmu sebagai pembeli untuk melakukan pengecekan. Kalau barangnya sesuai, kamu bisa langsung segera membelinya. Kalaupun tidak, bisa lekas berpindah ke tempat lain, demi mendapatkan barang yang lebih sesuai dengan keinginan serta anggaran yang dimiliki.

Baca Juga: 6 Cara Ampuh Kendalikan Diri saat Belanja Online, Kosongkan Keranjang!

3. Beberapa kebutuhan masih lebih murah dan tidak terbebani ongkir

ilustrasi berbelanja di supermarket (pexels.com/Tianwang Xiao)

Walau banyak orang yang merasa bahwa belanja online lebih menguntungkan, mengingat ada banyaknya diskon dan penawaran yang dihadirkan oleh aplikasi belanja. Namun, untuk beberapa sebab, nyatanya belanja offline masih tetap diminati. Alasan paling utamanya adalah karena beberapa barang, seperti kebutuhan dapur atau keperluan rumah lainnya, masih bisa didapat dengan harga terjangkau.

Bila check out di toko online, terkadang dengan banyaknya barang yang dibeli dapat membuat tarif ongkir langsung meningkat drastis. Ini karena saat belanja online, berat barang juga menjadi faktor yang bakal menentukan, seberapa banyak biaya pengiriman yang harus dibayar. Bahkan, meski ada voucher potongan ongkos kirim sekalipun, biaya pengiriman tetap tidak bisa sepenuhnya disubsidi oleh pihak e-commerce

Lain halnya dengan belanja offline. Mau seberapa banyak dan beratnya belanjaan yang kamu punya, dirimu tidak akan dikenakan ongkos kirim sama sekali. Paling mentok, kamu hanya perlu membayar bensin atau biaya untuk menaiki transportasi umum saja.

4. Tidak mau ribet dengan lamanya pengiriman barang

ilustrasi membawa pulang belanjaan (pexels.com/Gustavo Fring)

Berbeda dengan ketika belanja online, di mana kamu masih harus menunggu beberapa saat untuk barangnya dikirim ke rumahmu. Berbelanja offline membuatmu bisa langsung menerima barangnya di tangan, tepat di hari itu juga. Selama punya uang untuk membayar, kamu bisa segera membawa pulang barang yang diincar. 

Berbagai drama saat belanja online, seperti lamanya masa pengiriman barang atau barang tiba melebihi estimasi waktu yang diberikan, tidak akan kamu rasakan ketika sedang berbelanja secara offline. Malah jauh lebih hemat waktu dan tidak harus mengorbankan kesabaran yang kamu punya.

Verified Writer

Hay Lee

☃️

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya