TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

20 Hal yang Harus Kamu Lakukan di Usia 30-an Biar Hari Tuamu Bahagia

Nomor 3 harus dimulai dari sekarang sih...

unsplash.com

Ilmuwan telah melakukan beberapa penelitian, dimana telah dilakukan penelitian terhadap orang-orang yang berusia antara 50 tahun atau lebih yang menceritakan hal-hal apa yang mereka lakukan agar bisa dapat hidup dengan bahagia di masa depan.

Berikut adalah saran dari orang-orang yang telah berpengalaman yang dapat kamu ikuti agar bisa hidup lebih baik.

1. Tidak merokok.

warriorpoetwisdom.com

Jika kamu adalah seorang perokok, mulai sekarang cobalah untuk berhenti dengan segera. Selain mahal, merokok juga menyebabkan seseorang menjadi bau dan terjangkit beberapa masalah kesehatan.

2. Pakai sun cream.

scoopnest.com

Tentunya kamu tidak ingin kan kulit kamu keriput dan tipis akibat sengatan sinar matahari? Mulai sekarang coba biasakan untuk memakai sun cream.

3. Mulailah menabung, meskipun sedikit.

wbur.org

Ini mungkin menjadi nasehat yang membosankan, tapi hal ini sangat benar. Di usia 30-an nanti, rata-rata seseorang akan memiliki banyak pendapatan. Namun beberapa dari mereka menghabiskan hampir seluruh tabungannya. Membangun kebiasaan ini mulai sekarang, pasti ke depannya kamu sudah tidak akan merasa berat lagi.

4. Mempertahankan hubungan dengan orang tua dan saudara.

flickr.com

Jika kamu memiliki masalah dengan orang tua atau saudara, cepat selesaikanlah. Jangan sampai hal ini berlarut hingga akhirnya saling membenci. Karena keluarga adalah hal yang paling berharga yang pernah kamu miliki.

5. Coba kumpulkan kenangan yang paling berkesan.

shutterstock.com

Pernah tidak kamu menghitung berapa kenangan dalam hidup yang berhasil kamu ingat? Jangan bangun saat berusia 50 tahun dan kamu menyadari telah menyia-nyiakan segala kenangan kamu dalam hidup. Karena kenangan tidak akan hilang sekalipun terbakar api.

6. Berikan sesuatu sebagai tanda terima kasih.

shutterstock.com

Berikan sesuatu ke orang lain yang telah berbuat kebaikan kepadamu sebagai tanda terima kasih. Berikan dengan sepenuh hati dan tanpa mengharap pemberian kembali dari orang tersebut.

7. Berolahraga.

shutterstock.com

Jika kamu terbiasa berolahraga dari sekarang, kamu bisa menikmati hidup sehatmu saat berusia 50 tahun nanti. Tidak perlu olahraga yang berat hanya perlu lakukan itu secara teratur dan jaga dirimu!

8. Belajar bersyukur dari apa yang kamu miliki sekarang.

gettyimages.com

Kebahagiaan itu jauh lebih penting dari kesuksesan duniawi. Jika kamu memiliki segalanya namun tak pernah bersyukur, maka kamu tidak akan pernah puas dan kamu pasti tidak merasa bahagia.

9. Jangan menunda untuk menggapai impian kamu.

flickr.com

Ingin membeli rumah? Punya anak? Menulis buku? Mendapatkan gelar yang lebih tinggi? Atau ingin mengubah karir kamu? Mulailah dengan hari ini. Sangat mudah untuk menunda sesuatu, sangat mudah pula untuk menunda impian kamu.

Baca Juga: Terkadang Kita Memang Harus Melepaskan Seseorang Meskipun Kita Masih Menyanyanginya

10. Tidur dengan cukup.

istockphoto.com

Pergi tidur pada waktu yang sama dan bangun pada waktu yang sama setiap hari. Lakukan hal ini secara teratur.

11. Rawat gigi kamu.

dentistsnc.com

Jangan pergi ke dokter saat gigi suah sakit, tapi kamu harus dengan rutin untuk melakukan cek gigi ke dokter. Tidak seperti anggota tubuh lainnya, jika gigi kamu bermasalah maka akan beberapa organ lain juga akan ikut sakit dan otomatis kegiatan kamu akan terganggu.

12. Jadilah orang yang selalu ingin tahu.

hashinteractive.com

Pergi ke luar rumah dan cobalah berpetualang. Bukan hanya beberapa menit atau jam, mungkin bisa coba untuk beberapa hari dan lihat kamu akan masih bisa tersenyum saat tua nanti.

13. Berhentilah memakan makanan tak sehat.

gymjunkies.com

Mungkin kamu bisa membuang banyak uang di usia 20-an, 30-an, 40-an, 50-an dan seterusnya untuk membeli segala makann yang enak dan cepat saji, tapi kamu juga akan menghabiskan uangmu untuk kesehatan di usia tua nanti.

14. Baca minimal 10 buku dalam setahun.

absfreepic.com

Otak seseorang tidak pernah berhenti untuk berkembang, sehingga latihlah otakmu dengan membaca buku.

15. Biasakan untuk melakukan mediasi.

getwellhere.com

Manfaat dari mediasi tidak ada habisnya. Kamu hanya perlu meluangkan waktumu sebentar dalam sehari untuk melakukan ini. Kamu bisa bandingkan hasilnya nanti dengan hidupmu sepuluh tahun yang lalu.

16. Go travelling.

igerit.com

Sebisa mungkin luangkanlah waktumu untuk pergi beribur. Travelling dapat mengubah hidupmu menjadi lebih berani.

17. Berhenti membandingkan dirimu dengan orang lain.

123rf.com

Ketika kamu mencapai usia 50 tahu, kamu akan benar-benar peduli dengan kesan orang lain terhadapmu. Kamu harus tetap kuat dan menjadi dirimu sendiri.

18. Tulis diary.

knittedfoxtrot.blogspot.sg

Jika kamu mempunyai diary kamu akan merasa terhibur dan menimbulkan perasaan cinta saat kamu membacanya di masa tua nanti.

19. Jaga teman kamu.

shutterstock.com

Pilih teman yang bisa membuat kamu menjadi diri kamu sendiri dan teruslah berbagi bersamanya.

Baca Juga: Semakin Sering Kamu Chat dengan Pasangan, Hubunganmu Bisa Semakin Tidak Stabil

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya