TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Doa Hari Minggu, Makna, dan Keutamaannya

Momen untuk mendekatkan diri pada Allah SWT

ilustrasi berdoa (pexels.com/jobinscaria)

Hari Minggu sering menjadi waktu istirahat setelah sepekan penuh beraktivitas. Namun, selain beristirahat, kamu juga dapat memanfaatkan waktu ini untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui doa. Nah, salah satu doa yang dianjurkan untuk dibaca pada hari Minggu adalah doa yang diajarkan oleh Sayyidah Fatimah az-Zahra, putri Nabi Muhammad SAW. 

Doa ini tertulis dalam kitab Shahifah Fathimiyyah dan penuh dengan makna serta keutamaan bagi siapa saja yang mengamalkannya.Yuk, simak doa hari Minggu, makna,dan keutamaannya. 

1. Doa hari Minggu

ilustrasi berdoa (unsplash.com/Assad Tanoli)


اللَّهُمَّ اجْعَلْ أَوَّلَ يَوْمِي هَذَا فَلَاحاً ، وَآخِرَهُ نَجَاحاً ، وَأَوْسَطَهُ صَلَاحاً ، اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَآلِ مُحَمَّدٍ ، وَاجْعَلْنَا مِمَّنْ أَنَابَ إِلَيْكَ فَقَبِّلْتَهُ ، وَتَوَكَّلْ عَلَيْكَ فَكَفَيْتَهُ ،  وَتَضَرَّعَ إِلَيْكَ فَرَحِمْتَهُ


Arti:

"Ya Allah, jadikanlah awal hariku ini sebagai kesuksesan dan akhirnya pun dipenuhi dengan keberhasilan serta pertengahannya diliputi kebaikan. Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya, dan jadikanlah kami termasuk orang yang bertaubat kepada-Mu maka Engkau menerimanya, yang bertawakkal kepada-Mu maka Engkau mencukupinya, dan yang berdoa kepada-Mu maka Engkau merahmatinya."

Baca Juga: 5 Doa Penarik Pembeli Ajaran Rasulullah, Banjir Berkah

2. Makna doa hari Minggu

ilustrasi berdoa (pexels.com/Thirdman)

Jika kamu perhatikan, doa ini terdiri dari beberapa bagian yang sarat dengan permohonan kebaikan untuk hidup sehari-hari, terlebih di hari Minggu. Berikut ini penjelasan dari setiap bagian doa tersebut.

1. Permohonan kesuksesan di awal hari

“Ya Allah, jadikanlah awal hariku ini sebagai kesuksesan...”

Di sini, kita memohon pada Allah SWT supaya memulai hari Minggu dengan keberkahan dan kesuksesan. Ini adalah cara untuk memulai hari dengan optimisme serta harapan baik. Dengan menyebutkan “awal hari” secara khusus, doa ini menekankan pentingnya memulai segala sesuatu dengan niat yang baik dan tindakan yang positif.

2. Keberhasilan di akhir hari

“...dan akhirnya pun dipenuhi dengan keberhasilan.”

 Bukan hanya permulaan, kamu juga diminta untuk berdoa agar hari Minggu bisa diakhiri dengan kesuksesan. Doa ini mengajarkan jika segala sesuatu yang kita mulai dengan baik, harus diakhiri dengan baik pula. Keberhasilan dalam setiap urusan menjadi harapan kita kepada Allah SWT agar segala urusan dipermudah dan diberkahi hingga akhir.

3. Kebaikan di tengah hari 

“...serta pertengahannya diliputi kebaikan.”

Selain awal dan akhir, pertengahan hari jangan kita diabaikan. Kebaikan di sini bisa bermakna luas, baik dalam hal moral, ibadah, ataupun aktivitas duniawi. Doa ini mengingatkan kita supaya senantiasa berada di jalan yang lurus dan melakukan perbuatan yang baik sepanjang hari.

4. Selawat kepada Nabi Muhammad dan keluarga 

  “Ya Allah, sampaikanlah shalawat kepada Nabi Muhammad SAW dan keluarganya...”

Bagian doa ini mengajak kita selalu mengingat Nabi Muhammad SAW dan keluarga, dan memohon kepada Allah SWT untuk melimpahkan rahmat kepada mereka. Selawat menjadi salah satu cara untuk mendekatkan diri kepada Allah sekaligus memohon keberkahan dalam hidup kita.

5. Permohonan taubat dan tawakal

“...jadikanlah kami termasuk orang yang bertaubat kepada-Mu maka Engkau menerimanya, yang bertawakal kepada-Mu maka Engkau mencukupinya.”

Doa ini mengajarkan kita selalu bertaubat dan memohon supaya Allah SWT menerima taubat kita. Di samping itu, tawakal adalah berserah diri kepada Allah SWT setelah berusaha. Dengan bertawakal, kita percaya bahwa Allah SWT akan mencukupi segala kebutuhan kita.

6. Permohonan rahmat 

 “...dan yang berdoa kepada-Mu maka Engkau merahmatinya.”

Akhir doa ini menutup dengan permohonan rahmat dari Allah. Doa menjadi salah satu bentuk komunikasi kita dengan Allah SWT, dan dengan berdoa, kita berharap agar Allah SWT melimpahkan kasih sayang dan rahmat-Nya kepada kita.

Verified Writer

Lathiva R. Faisol

Senang membaca dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya