TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Ciri Orang yang Cocok Tinggal di Rumah Minimalis, Bikin Betah!

Suka dengan keteraturan

ilustrasi pecinta minimalis yang menyukai furnitur dari kayu (pexels.com/Mikhail Nilov)

Gaya hidup minimalis sudah menjadi sangat populer dalam beberapa tahun ke belakang. Terlebih dalam desain rumah titik rumah minimalis lebih menekankan keefisienan dan kesederhanaan dalam tata letak serta dekorasi interior. Meski terlihat simpel, gak semua orang cocok dengan gaya ini, lho.

Memiliki prinsip kesederhanaan dan secukupnya saja tentu tidak cocok untuk mereka yang hobi membeli barang. Padahal esensi rumah minimalis adalah sederhana. Supaya lebih yakin apakah kamu yang cocok dengan rumah minimalis atau tidak, yuk, simak delapan karakter orang yang cocok nyaman untuk tinggal di rumah minimalis.

1. Menghargai keteraturan

ilustrasi orang yang cocok tinggal di rumah minimalis menyukai keteraturan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Orang yang cocok dengan rumah minimalis menyukai dan menghargai keteraturan dalam kehidupan sehari-harinya. Dia menemukan rasa tenang jika tata letak setiap benda yang ada di rumahnya itu terorganisir dan rapi. Menurut pecinta minimalis, segala sesuatu sesuai tempatnya adalah keharusan.

2. Kecenderungan untuk memiliki sedikit barang

ilustrasi ruang tidur dengan gaya minimalis (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Ciri yang paling terlihat dari orang yang menyukai hal-hal minimalis adalah keinginan untuk mempunyai sedikit barang. Dia cenderung memilah-milah dan hanya menyimpan barang-barang yang dibutuhkan atau yang mempunyai nilai emosional yang tinggi.

Dia juga lebih memilih kualitas dibandingkan kuantitatif. Jadi tak heran, rumah minimalis terlihat ‘lega’ dan hanya ada barang-barang yang penting. 

3. Menyukai desain sederhana

ilustrasi pecinta minimalis yang menyukai furnitur dari kayu (pexels.com/Mikhail Nilov)

Individu yang menyukai desain sederhana dan bersih biasanya seorang minimalis. Dia tertarik pada bentuk-bentuk yang sederhana, warna-warna netral, serta pemakaian bahan-bahan alami seperti batu dan kayu di dalam rumahnya. Desain rumah minimalis ini sering kali mempunyai perabotan yang fungsional dan ramping untuk menimbulkan kesan luas.

Baca Juga: 14 Desain Rumah Minimalis Modern, Bikin Betah Berkegiatan

4. Tidak mengejar barang branded

ilustrasi rumah minimalis mengandalkan furnitur yang nyaman (pexels.com/Yan Krukau)

Orang yang nyaman dengan rumah minimalis cenderung tidak terlalu terikat pada barang branded. Dia mengerti, bahwa kebahagiaan itu tidak selalu datang dari banyak barang yang dimiliki dan berapa banyak barang branded yang dikoleksi. Biasanya pecinta minimalis lebih fokus pada hubungan dan pengalaman untuk menyimpan barang di rumah. 

5. Lebih memilih kualitas daripada kuantitas

ilustrasi rumah minimalis berisi furnitur yang berkualitas (pexels.com/Max Rahubovskiy)

Penyuka minimalis lebih memilih mempunyai beberapa barang berkualitas tinggi dibandingkan barang berkualitas rendah. Dia percaya, bahwa mempunyai barang-barang yang tahan lama serta berkualitas akan mendukung pengurangan limbah dan menghemat uang dalam jangka panjang. Jadi, tidak mengherankan jika furnitur di rumah minimalis cenderung tahan lama, ya.

6. Kemampuan untuk melepaskan barang dengan mudah

ilustrasi orang dengan gaya hidup minimalis sangat mudah memberi (pexels.com/Julia M Cameron)

Sebagai bagian dari gaya hidup minimalis, dia cenderung mempunyai kemampuan untuk melepas barang dengan mudah. Dia tidak terlalu terikat pada barang-barang fisik sehingga keinginan untuk berbagai pun tinggi. Jika merasa tidak butuh, si minimalis akan memberikan barang tersebut dengan mudah. 

7. Kemampuan untuk menemukan kenyamanan dalam kesederhanaan

ilustrasi orang yang nyaman di rumah minimalis (pexels.com/George Milton)

Orang yang cocok dengan rumah minimalis mempunyai kemampuan untuk merasakan kenyamanan dalam kesederhanaan. Dia menghargai detail-detail kecil serta mempunyai mata yang tajam untuk melihat estetika yang elegan dan bersih. Kalau sudah begini, dia akan merasa bahwa rumah minimalis adalah tempatnya berlindung yang aman dan nyaman.

Baca Juga: 7 Tips Memilih Warna Cat yang Cocok untuk Rumah Minimalis

Verified Writer

IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya