TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Prinsip Keren Orang Denmark yang Bikin Mereka Jadi Manusia Paling Bahagia di Dunia!

Bisa diterapkan di Indonesia gak, ya?

Nils Meilvang/European Pressphoto Agency via The New York Times

World Happiness Report di tahun 2016 ini menempatkan warga Denmark sebagai orang-orang paling bahagia di dunia. Banyak faktor yang membuat mereka memperoleh predikat ini, misalnya dari sisi gaji minimum, jaminan kesehatan, dan dukungan sosial.

Nah, dukungan sosial ini seringkali dianggap remeh di banyak negara yang sangat berorientasi terhadap perkembangan ekonomi semata (contohnya peningkatan GDP). Namun, justru hal itulah yang berperan besar dalam membuat warga Denmark merasa bahagia.

Baca Juga: Waspadai 6 Bentuk Bias yang Dapat Membuatmu Salah Mengambil Keputusan dalam Berkarir

Denmark mengadopsi prinsip keseimbangan pekerjaan dan kehidupan pribadi.

usuncut.com

Bagi orang-orang yang terbiasa hidup di dalam sistem yang mengasosiasikan kerja keras dengan bekerja hingga malam hari bahkan sampai jarang tidur, tentu prinsip yang dianut Denmark itu terdengar aneh. Uniknya, bagi warga Skandinavia pada umumnya dan Denmark pada khususnya, menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan pribadi adalah apa yang membuat mereka tetap waras dan bahagia.

Pemerintah Denmark meminta warganya untuk bekerja selama 37 jam per minggu. Selain itu, pemerintah juga mendukung penggunaan jam makan siang secara optimal di mana para pekerja benar-benar menikmati waktu istirahat tersebut, tanpa diganggu oleh urusan pekerjaan.

Tak cukup sampai di situ, para pekerja punya jatah cuti liburan berbayar sebanyak minimal lima minggu per tahun, cuti melahirkan yang bisa diperpanjang, jadwal-jadwal fleksibel dengan pilihan bekerja dari rumah, serta insentif untuk perawatan anak. Secara umum, warga Denmark hanya menghabiskan kurang dari sepertiga waktu mereka untuk bekerja. Menariknya, mereka masih jauh lebih produktif dibandingkan negara-negara Eropa lain, bahkan Amerika Serikat.

Baca Juga: Anggota Parlemen Islandia Ini Berpidato Sambil Menyusui. Tidak Ada yang Menganggap Itu Aneh!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya