TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kalender Liturgi 2024 Lengkap dari Januari hingga Desember

Menjadi pemandu penting

Ilustrasi gereja (pexels.com/RDNE Stock project)

Setiap tahunnya, gereja memiliki kalender liturgi yang di dalamnya berisi tema misteri keselamatan Tuhan. Liturgi ini juga sangat penting karena sebagai pemandu gereja dalam menjalankan seluruh perayaan. Itulah kenapa, setiap tahun pasti selalu ada tema yang berbeda-beda.

Lalu seperti apa kalender liturgi 2024? Apa fungsinya dalam gereja Katolik? Untuk lebih lengkapnya, simak ulasannya di bawah ini.

1. Apa itu liturgi?

Ilustrasi alkitab (pexels.com/pixabay)

Mengutip laman resmi Kemenag, liturgi merupakan istilah dari bahasa Yunani, yaitu leitourgia yang berarti kerja bersama. Makna dari kerja bersama ini adalah peribadatan kepada Allah dan pelaksanaan kasih. Umumnya istilah liturgi banyak digunakan dalam tradisi Kristen dan umat Katolik.

Pelayan liturgi adalah orang-orang yang menerima tahbisan suci. Mereka disebut sebagai kelompok klerus dan hierarki. Petugas liturgi sendiri seperti Misdinar, Pembaca Kitab Suci, Mazmur, Tatalaksana, Pembagi Komuni, dan Paduan Suara.

Baca Juga: Apa Itu Misa dalam Agama Kristen? Ini Penjelasannya!

2. Fungsi kalender liturgi dalam gereja

Ilustrasi seorang wanita berdoa dalam gereja (pexels.com/bay mart Production)

Liturgi adalah ibadah resmi gereja yang dilakukan umat kepada Tuhan. Perayaan ini menekankan pada upacara dan aktivitas kebaktian serta memiliki urutan yang harus dijalankan secara sistematis. Urutan ini juga telah ditetapkan secara hirarkis dan mengutamakan suasana keheningan dan kontemplasi.

Mengutip buku Liturgi (Pengantar untuk Studi dan Praksis Liturgi) oleh Emanuel Martasudjita, kalender liturgi berfungsi untuk memandu Gereja dalam memperingati misteri sejarah keselamatan Yesus Kristus. Hal ini termasuk kelahiran, penderitaan, kematian, dan kebangkitan-Nya.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya