TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Kebiasaan Buruk yang Menandakan Kamu Kurang Percaya Diri

Kenali 6 tanda ini dan mulai tingkatkan rasa percaya dirimu

ilustrasi kurang percaya diri (pexels.com/Anete Lusina)

Percaya diri adalah fondasi penting dalam menjalani hidup yang sehat dan bahagia. Ketika kamu merasa yakin pada diri sendiri, dunia seolah-olah terasa lebih mudah ditaklukkan.

Sebaliknya, kurang percaya diri bisa membuat kamu merasa terjebak dalam lingkaran kebiasaan buruk yang memengaruhi relasi, cara berpikir, hingga bagaimana kamu menavigasi kehidupan. Menurut Dr. Jan Roberts, LCSW, "kepercayaan diri yang rendah sering kali mencerminkan pikiran dan keyakinan tersembunyi yang kita miliki tentang diri kita sendiri." Nah, berikut adalah enam kebiasaan buruk yang menandakan bahwa kemungkinan besar mengalami kurang percaya diri.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Aneh yang Pernah Dilakukan Bangsawan Dunia di Zaman Dulu

1. Kamu sering menjadi people-pleaser

ilustrasi people pleaser (pexels.com/Thirdman)

Sering kali orang yang kurang percaya diri merasa harus selalu menyenangkan orang lain untuk diterima atau disukai. Kamu mungkin lebih memilih untuk mengikuti keinginan orang lain daripada menjadi dirimu sendiri atau melakukan apa yang benar-benar membuatmu bahagia.

Menurut Cheryl A. Clarke, LMFT, "orang dengan harga diri rendah cenderung pasif atau bahkan pasif-agresif, karena mereka tidak berani membela diri mereka sendiri." Jadi, jika kamu sering kali berusaha untuk menyenangkan orang lain tanpa mempertimbangkan kebutuhanmu sendiri, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu kurang percaya diri.

2. Sering menghindar untuk jujur dalam mengekspresikan diri

ilustrasi meeting (pexels.com/fauxels)

Menghindari untuk mengungkapkan perasaan atau pendapatmu karena takut dihakimi atau merasa malu juga merupakan tanda kurang percaya diri. Mungkin kamu merasa lebih nyaman ‘bermain aman’ dan bersembunyi di balik bayang-bayang orang lain daripada menjadi pusat perhatian.

Clarke menambahkan, "ketika seseorang tidak mengekspresikan dirinya, mereka akan selalu merasa tidak cocok dan cenderung menyesuaikan diri dengan lingkungan sebagai mekanisme untuk mengatasi rasa tidak aman." Ini menunjukkan bahwa kamu mungkin belum merasa cukup yakin untuk menjadi dirimu yang sebenarnya.

3. Kamu sering meragukan diri sendiri

ilustrasi ragu (pexels.com/cottonbro studio)

Wajar jika sesekali merasa ragu akan keputusan yang diambil. Namun, jika kamu terus-menerus meragukan diri sendiri atau merasa perlu selalu meminta pendapat orang lain sebelum membuat keputusan, ini bisa menunjukkan kurangnya kepercayaan diri.

Clarke menjelaskan bahwa kurang percaya diri sering kali membuat seseorang merasa seolah-olah mereka akan selalu membuat kesalahan, dan membiarkan rasa takut menguasai kehidupan mereka.

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sehat yang Tidak Umum tetapi Efektif

4. Kamu memiliki citra diri yang buruk

ilustrasi self image (pexels.com/Ivan Oboleninov)

Apakah kamu sering mengkritik penampilanmu di depan cermin? Atau merasa bahwa kamu tidak cukup baik? Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu memiliki citra diri yang negatif.

Seseorang yang kurang percaya diri mungkin merasa sulit menerima pujian dan justru sering kali menolaknya. Ini bukan berarti kamu rendah hati, tetapi lebih kepada tidak percaya bahwa pujian tersebut benar adanya. Melihat diri sendiri dengan sudut pandang yang negatif bisa sangat merusak kepercayaan dirimu, lho.

5. Kamu sering berbicara negatif tentang diri sendiri

ilustrasi merenung (pexels.com/Martin Péchy)

Ucapan seperti "Aku bodoh," atau "Aku tidak pantas bahagia," bisa menjadi refleksi dari kurangnya percaya diri. Menurut Dr. Roberts, "persepsi kita pada akhirnya akan menciptakan realitas kita. Jika kita memiliki proses berpikir yang negatif, kita akan melihat segalanya, termasuk diri kita sendiri, secara negatif." Jika kamu sering kali bersikap keras terhadap diri sendiri atau selalu merasa dirimu gagal, ini bisa menjadi tanda bahwa kamu perlu bekerja lebih keras untuk meningkatkan self-esteem kamu.

Verified Writer

Riva Khodijah

Halo, assalamualaikum

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya