TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

8 Tanaman yang Bisa Dijadikan Souvenir, Unik dan Ramah Lingkungan!

Cocok untuk semua acara

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Vidal Balielo Jr.)

Souvenir menjadi bagian tak terpisahkan dalam sebuah acara. Baik untuk acara pernikahan, ulang tahun, atau sekadar reuni bersama teman. Jika kamu ingin memberikan kesan yang berbeda, unik, serta ramah lingkungan, tanaman bisa jadi pilihan yang sempurna.

Dengan memilih tanaman sebagai souvenir, kamu tidak hanya memberikan hadiah yang berkesan, tetapi juga menginspirasi kegiatan yang sifatnya eco-friendly. Sebuah tindakan yang positif di tengah perubahan iklim global saat ini.

Dari mini sukulen hingga tanaman sayur, ada banyak pilihan tanaman yang bisa disesuaikan dengan tema acaramu. Penasaran apa saja? Yuk, simak sampai habis, siapa tahu bisa jadi inspirasi untukmu!

1. Sukulen

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Tharatip Sukee)

Pada pilihan pertama ini ada tanaman sukulen, tanaman ini sangat populer untuk dijadikan souvenir. Bentuknya yang beragam dan ukurannya yang mini, membuat sukulen disukai oleh banyak orang. Tak hanya itu, untuk menanamnya tidak memerlukan banyak perawatan, lho!

Sukulen hanya membutuhkan sedikit air dan sinar matahari, sehingga bisa dijadikan dekorasi ruangan. Tanaman ini cocok diletakkan di meja kerja atau rak buku. Sukulen jadi pilihan sempurna untuk souvenir acara, seperti pernikahan, ulang tahun, dan acara lainnya.

2. Kaktus mini

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/piyanat)

Selain sukulen, tanaman yang mudah dalam perawatannya adalah kaktus. Tanaman kaktus memiliki banyak bentuk, dan kamu bisa menggunakan kaktus dengan ukuran mini sebagai souvenir acaramu.

Kaktus mini bisa bertahan hidup meskipun jarang disiram air, serta bisa dijadikan pajangan dekorasi ruangan yang alami. Memberikan kaktus sebagai kenang-kenangan dipercaya menjadi simbol persahabatan yang kuat dan tahan lama. Sehingga cocok dijadikan souvenir untuk acara bersama sahabatmu.

3. Bunga edelweiss

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Elahe Rahimi)

Bunga edelweiss dikenal sebagai bunga abadi, karena kemampunanya untuk tetap segar  walaupun setelah dipetik. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai kemampuan untuk bertahan dalam cuaca ekstrim.

Memilih bunga edelweiss sebagai souvenir memberikan makna yang sangat mendalam bagi penerimannya, karena edelweiss melambangkan kekuatan dan kesetaian dalam suatu hubungan. Souvenir bunga edelweiss cocok digunakan untuk acara yang sifatnya personal, seperti reuni bersama teman atau pesta ulang tahun.

Baca Juga: Begini Tips Pilih Souvenir yang Tepat untuk Acara Pernikahan!

4. Mini lidah mertua

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Nothing Ahead)

Tanaman hias yang sangat mudah dirawat dan dikembangbiakkan salah satunya adalah lidah mertua. Selain itu, tanaman ini juga mempunyai manfaat untuk menyaring udara dari racun berbahaya.

Tanaman ini sangat pas untuk dijadikan souvenir acara spesialmu, karena manfaat dan bentuknya yang unik serta aesthetic. Pilihlah tanaman lidah mertua yang masih muda atau yang ukuran kecil, sehingga tidak menyulitkan ketika dibawa oleh tamu acaramu. Lidah mertua melambangkan kekuatan dan daya juang dalam hidup.

5. Tillandsia

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Alena Darmel)

Tanaman unik satu ini juga bisa dijadikan sebagai souvenir untuk berbagai acaramu. Tanaman tillandsia atau bisa juga disebut air plant, karena tanaman ini tidak memerlukan tanah untuk tumbuh. Tanaman ini bisa menyerap kelembapan dari udara disekitarnya, sehingga cukup diletakkan di tempat yang terang dia sudah bisa tumbuh.

Bentuknya yang unik dan ukurannya yang minimalis membuat souvenir kamu jadi out of the box. Untuk mempercantik souvenir tanaman tillandsia ini, kamu bisa menaruhnya di pot yang terbuat dari kerang, kayu apung, ataupun kaca terrarium.

6. Mini bonsai

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Erik Mclean)

Untuk pilihan souvenir tanaman yang lebih elegan dan berkesan, kamu bisa memilih mini bonsai. Meskipun perawatannya lebih rumit dan harganya yang mahal dibandingkan tanaman lainnya, tetapi bonsai memiliki nilai seni yang tinggi. Selain itu, mini bonsai bisa dijadikan dekorasi yang elegan.

Memberikan mini bonsai sebagai souvenir menunjukkan apresiasi kamu kepada para tamu udangan yang sudah hadir dalam acaramu. Tanaman ini lebih cocok untuk acara-acara yang bersifat formal atau untuk orang-orang yang menyukai seni dalam tanaman.

7. Mini tanaman herbal

ilustrasi tanaman yang bisa dijadikan souvenir (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Tanaman herbal, seperti mint dan rosemary juga bisa jadi pilihan souvenir yang unik dan bermanfaat. Tanaman herbal ini bisa dimanfaatkan untuk masakan sehari-hari. Sehingga secara tidak langsung, kamu sudah memberi manfaat dalam kehidupan sehari-hari tamu acaramu. Pilihan yang cocok untuk kamu yang ingin memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar hiasan.

Verified Writer

rika febriani

Everything you lose is a step you take

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya