TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tanaman Indoor yang Mengajarkan Hidup Minimalis dan Berkesadaran

Selain mengispirasi juga bisa bikin rumah nyaman

ilustrasi inspirasi gaya hidup minimalis dari indoor plant (pexels.com/Thirdman)

Di tengah kehidupan yang serba cepat dan modern sekarang ini, gaya hidup minimalis menjadi pilihan banyak orang. Menerapkan gaya hidup minimalis dan berkesadaran tidak selalu berarti harus melakukan perubahan secara dratis. Kamu bisa memulai dengan mencoba menanam tanaman indoor di rumahmu.

Bukan hanya untuk mempercantik ruangan, tanaman indoor dapat membantumu menciptakan suasana yang lebih damai dan terfokus. Selain itu, tanaman indoor bisa memberikan inspirasi untuk menjalani gaya hidup minimalis. Penasaran, apa saja tanaman indoor tersebut? Yuk, simak sampai habis!

Baca Juga: 5 Persiapan Menonton Konser Standing Indoor, Sepatu Harus Nyaman!  

1. Tanaman sukulen simbol kesederhanaan

ilustrasi tanaman sukulen (pexels.com/Rov Camato)

Sukulen atau kaktus adalah pilihan tanaman indoor yang tidak bisa kamu lewatkan ketika menerapkan gaya hidup minimalis. Tanaman ini tidak memerlukan perawatan yang ribet, bahkan kamu tidak perlu menyiraminya setiap hari.

Dengan bentuknya yang estetik, beraneka ragam, serta ukurannya yang kecil membuatnya tidak memerlukan tempat yang luas untuk diletakkan dalam ruangan. Sukulen adalah simbol kesederhanaan yang bisa beradaptasi dengan berbagai kondisi lingkungan. Sesuai dengan konsep hidup minimalis yang menjunjung tinggi kesederhanaan.

2. Tanaman monstera simbol keseimbangan

ilustrasi tanaman monstera (pexels.com/Huy Phan)

Tanaman monstera memiliki ciri khas, yaitu daunya yang besar dan berlubang. Monstera menjadi tanaman indoor yang sangat populer dibanding tanaman indoor lainnya. Selain kesan estetik yang tercipta dari tanaman ini, monstera juga mudah dalam perawatannya.

Tanaman ini melambangkan simbol keseimbangan yang elegan, sesuai dengan prinsip gaya hidup minimalis. Walaupun menerapkan kesederhanaan dalam hidup, tetapi kamu tetap bisa memasukkan unsur elegan dalam setiap barang atau benda yang akan kamu gunakan. 

3. Tanaman peace lily simbol ketenangan

ilustrasi tanaman peace lily (pexels.com/Mikhail Nilov)

Dengan bunganya yang putih, tanaman peace lily tampak cantik dan elegan. Tanaman ini bisa jadi pembersih udara alami untuk rumahmu. Peace lily memberikan kesan damai dan ketenangan yang cocok ditempatkan pada setiap ruangan di rumahmu. Perawatannya yang mudah membuat tanaman ini banyak digemari. Peace lily yang melambangkan ketenangan sesuai dengan konsep minimalis.

Baca Juga: 5 Tanaman Hias Gantung di Teras Rumah yang Memiliki Bunga Menawan

4. Tanaman lidah mertua simbol keseimbangan

ilustrasi tanaman lidah mertua (pexels.com/Rosana Solis)

Sama dengan tanaman peace lily, lidah mertua atau bisa juga disebut snake plant merupakan pembersih udara alami. Selain itu lidah mertua juga bisa membersihkan udara dari racun, lho. Tanaman ini mudah sekali perawatannya dan cepat berkembang biak.

Kamu hanya perlu sesekali menyiram dan menjemurnya di bawah sinar matahari. Tanaman lidah mertua sangat tahan terhadap segala kondisi cuaca. Kehadirannya bukan hanya sekedar pajangan atau dekorasi, tetapi juga sebagai simbol akan keseimbangan dalam hidup.

5. Zz plan simbol ketangguhan

ilustrasi tanaman ZZ plant (pexels.com/Elena Golovchenko)

Zz plant atau zamioculcas zamiifolia memberikan kesan elegan dan mewah tanpa perlu banyak perawatan. Tanaman ini dikenal karena ketangguhannya, sehingga dijadikan simbol ketanguhan dalam hidup minimalis.

Tanaman zz bisa bertahan dalam kondisi minim cahaya, sehingga cocok sekali diletakkan di dalam ruangan. Untuk perawatannya, kamu tidak perlu menyiraminya setiap hari cukup seminggu dua kali. Ketangguhan zz plant dalam beradaptasi sangat menginspirasi untuk tangguh dalam menjalani setiap lini kehidupan.

6. Spider plant simbol dari hidup yang dinamis

ilustrasi tanaman spider plant (pexels.com/Amelia Cui)

Salah satu tanaman gantung yang popular untuk dekorasi rumah adalah spider plant. Ciri khas dari tanaman ini adalah daunnya yang panjang dan melengkung menyerupai bentuk tubuh hewan laba-laba.

Bentuknya yang minimalis, spider plant memberikan dinamika pada ruangan tanpa membuatnya terkesan ramai. Tanaman ini sangat mudah dirawat dan bisa tumbuh subur dimanapun tempatnya. Tumbuhan ini sangat menginspirasi untuk menjalani hidup dinamis di setiap kondisi.

Verified Writer

rika febriani

Everything you lose is a step you take

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya