TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Bacaan Sholawat Busyro Arab, Latin, dan Artinya Lengkap

Baca setiap habis salat subuh

ilustrasi orang membaca sholawat (freepik.com/Freepik)

Sholawat berarti doa untuk Rasulullah SAW, keluarga, dan para sahabatnya. Salah satunya adalah bacaan sholawat busyro. Sholawat satu ini cukup dikenal oleh umat muslim di Indonesia. 

Sholawat busyro diijazahkan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun. Dalam Islam, ijazah adalah metode dalam tahammul wa ada' al-hadis. Dengan metode ini, guru memberikan izin kepada muridnya untuk meriwayatkan suatu hadis, baik dengan lisan ataupun tulisan.

Bagi kamu yang belum tahu, bacaan sholawat busyro punya banyak keutamaan. Apa saja keutamaannya? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!

Baca Juga: 5 Keutamaan Membaca Sholawat Nabi Muhammad SAW

1. Apa itu bacaan sholawat busyro?

ilustrasi orang membaca sholawat (pexels.com/Thirdman)

Allahumma shalli wa sallim ‘ala Sayyidina Muhammadin shahibil busyro shalatan tubasysyiruna biha.

Pernahkah mendengar bunyi sholawat di atas? Itu adalah potongan bacaan sholawat busyro.

Bagi yang belum tahu, sholawat busyro adalah sholawat yang diijazahkan oleh Rasulullah SAW kepada salah satu putra Habib Hasan Baharudin. Bacaan sholawat busyro dibacakan oleh Rasulullah SAW melalui mimpi.

Sholawat tersebut kemudian diijazahkan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun kepada seluruh dzuriyyah dan nadhliyin. Setelahnya, sholawat busyro mulai dikenal oleh banyak orang.

Barang siapa yang membaca sholawat ini sebanyak 41 kali setiap selesai salat subuh, maka ia akan mendapat keutamaan yang luar biasa. Apa saja? Termasuk kelancaran rezeki, mendapat kegembiraan dan kesenangan, kelancaran urusan, hingga terkabulnya segala hajat.

2. Kisah di balik sholawat busyro

ilustrasi orang berdoa (freepik.com/Jcomp)

Bacaan sholawat busyro ini ternyata berawal dari mimpi salah satu putra Habib Hasan Baharun. Perihal ini telah dijelaskan oleh Habib Segaf bin Hasan Baharun, anak kedua Habib Hasan Baharun. Habib Segaf juga yang mengijazahkan sholawat busyro.

Menurut penuturan Habib Segaf, sholawat busyro diijazahkan secara langsung oleh Rasulullah SAW melalui mimpi. Mimpi tersebut dialami oleh salah satu putra Habib Hasan Baharun. Namun, siapa nama putra yang dimaksud tidak disebutkan dengan jelas.

Suatu malam, putra Habib Hasan Baharun bermimpi didatangi oleh Rasulullah SAW. Dalam mimpinya, Rasulullah SAW membacakan sholawat busyro beserta iramanya. Sholawat tersebut dilantunkan sebagai bentuk kasih sayang Rasulullah SAW pada umatnya yang bertepatan dengan malam Asyura, tanggal 10 Muharram.

Setelah bersholawat, Rasulullah SAW juga memberi anjuran. Di mana sholawat itu dibaca sebanyak 41 kali setiap selesai salat subuh.

Setelah terbangun, putra Habib Hasan Baharun tersebut secara ajaib telah hafal sholawat yang dibacakan dalam mimpinya semalam. Anehnya, tiga hari semenjak mimpi itu, ia selalu mencium aroma gaharu dalam ruangannya.

Padahal, tidak ada yang membakar wewangian semacam itu. Setelah ditirakati, sholawat yang berasal dari mimpi tersebut mulai disebarluaskan dan dikenal di masyarakat.

Baca Juga: Doa Setelah Sholawat Jibril, Doa Mustajab Datangkan Rezeki Berlimpah

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya