TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menjadi Orang Baik Tanpa Harus Mengorbankan Perasaan Sendiri

Jangan merasa bertanggung jawab atas masalah orang lain

ilustrasi mengobrol dengan teman (pexels.com/Armin Rimoldi)

Menjadi orang baik adalah suatu hal yang sangat membanggakan. Namun, terkadang sulit untuk berbuat baik kepada orang lain tanpa harus mengorbankan perasaan kita sendiri. Kita takut menyakiti perasaan orang lain, tapi kita juga tidak ingin merasa tersiksa atau tertekan karena hal itu.

Hal seperti itu menjadi tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin berbuat baik. Lalu, apakah ada cara untuk menjadi orang baik tanpa harus mengorbankan perasaan sendiri? Tenang guys, kamu bisa mengikuti lima tips di bawah ini. Dijamin deh, kamu bisa menjadi orang baik yang tetap bijak dalam memanfaatkan kebaikannya. Yuk, simak!

Baca Juga: 5 Cara agar Gak Mudah Terbawa Perasaan dengan Teman yang Friendly 

1. Jadikan sikap jujur sebagai prinsip

ilustrasi mengobrol (pexels.com/fauxels)

Kejujuran adalah salah satu kunci untuk menjadi orang baik. Dengan bersikap jujur, kamu akan lebih mudah untuk mengekspresikan apa yang kamu rasakan dan inginkan, tanpa harus menyembunyikan atau memutarbalikkan fakta. Kejujuran juga akan membuatmu lebih dihargai dan dipercayai oleh orang lain.

Namun, bersikap jujur bukan berarti kamu harus menyakiti perasaan orang lain dengan kata-kata kasar atau menyinggung. Kamu bisa tetap jujur dengan cara yang sopan dan bijaksana, dengan mempertimbangkan dampak dan konsekuensi dari perkataanmu itu. Jika kamu merasa gak nyaman atau gak setuju dengan sesuatu, kamu bisa mengatakan hal tersebut dengan santun dan tegas, tanpa harus menjelek-jelekkan atau menghina orang lain.

2. Hargai dan apresiasi orang lain

ilustrasi berjabat tangan (pexels.com/George Milton)

Menjadi orang baik juga berarti menghargai dan mau mengapresiasi orang lain. Kamu bisa menunjukkan rasa hormat dan menghargai orang lain dengan cara yang sederhana, seperti mengucapkan terima kasih, tolong, maaf, atau permisi. Kamu juga bisa memberikan pujian, dukungan, atau bantuan kepada orang lain yang membutuhkan.

Dengan menghargai dan mengapresiasi orang lain, kamu akan membuat mereka merasa dihargai dan diperhatikan. Hal ini akan meningkatkan rasa percaya diri dan kebahagiaan mereka, sekaligus mempererat hubungan kalian. Di sisi lain, kamu juga akan merasa lebih bahagia dan puas dengan diri sendiri. Ini karena kamu telah berkontribusi positif bagi orang lain.

Baca Juga: 5 Bentuk Perasaan Positif Jika Punya Pasangan yang Mampu Beri Validasi

3. Dengarkan dan pahami orang lain

ilustrasi curhat (pexels.com/Liza Summer)

Cobalah untuk lebih mendengarkan dan memahami orang lain. Kamu bisa menunjukkan rasa peduli dan empati kepada orang lain dengan mendengarkan apa yang mereka katakan atau rasakan, tanpa menghakimi, mengkritik, atau menyela. Kamu juga bisa mencoba untuk memahami sudut pandang dan alasan mereka, tanpa harus setuju atau menyalahkan.

Dengan mendengarkan dan memahami orang lain, kamu akan membuat mereka merasa didengar dan dipahami. Selain itu, mendengarkan dan memahami orang lain dapat memperluas wawasan dan pengetahuan kamu. Tapi ingat, jangan merasa kamu harus bertanggung jawab atas masalah orang lain, sehingga membuatmu overthinking.

4. Jangan takut dipandang buruk

ilustrasi pertemanan (pexels.com/Keira Burton)

Menjadi orang baik gak berarti harus selalu menuruti atau memuaskan orang lain. Kamu juga harus memiliki prinsip dan pendirian kuat yang sesuai dengan nilai dan keyakinan dirimu sendiri. Kamu juga harus berani mengambil keputusan dan bertindak sesuai dengan hati nurani dan logika, tanpa harus takut dipandang buruk atau ditolak oleh orang lain.

Kalau kamu yakin bahwa apa yang kamu lakukan atau katakan adalah benar dan baik, maka kamu gak perlu peduli dengan pandangan atau pendapat orang lain yang berbeda atau bertentangan denganmu. Kamu tetap harus menjaga sikap sopan dan hormat kepada orang lain, tapi kamu juga harus menjaga harga diri dan integritas. Ingat, kamu gak perlu mengorbankan perasaanmu sendiri demi mendapatkan pengakuan atau penerimaan dari orang lain.

5. Sayangi diri sendiri

ilustrasi santai (unsplash.com/Radu Florin)

Jika kamu ingin menjadi orang yang baik, maka kamu juga harus bisa menyayangi diri sendiri. Dengan begitu, kamu bisa merasa lebih bahagia dan percaya diri, karena kamu telah memberikan yang terbaik untuk diri sendiri. Selain itu, menyangi diri sendiri juga membuatmu lebih bijak ketika ingin berbuat baik kepada orang lain. Sebab, kamu gak akan membiarkan kebaikanmu justru menyakiti dirimu sendiri. Dengan kata lain, kamu bisa lebih seimbang antara berbuat baik pada orang lain dan para diri sendiri.

Menjadi orang baik adalah hal yang mulia dan patut dijadikan teladan. Tetapi, menjadi orang baik bukan berarti kamu harus mengorbankan perasaan, sehingga bisa membuatmu tersakiti, kecewa, atau gak bahagia. Makanya, mulai sekarang terapkan lima tips tadi biar kamu tetap bisa menjadi orang baik tanpa harus mengorbankan perasaan kamu sendiri.

Baca Juga: 5 Manfaat Memiliki Personal Boundaries di Tempat Kerja

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya