TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Tips agar Mesin Cuci Dapat Bekerja Optimal dan Tahan Lama

Perawatan yang tepat menjadi kunci utama

ilustrasi mesin cuci (unsplash.com/PlanetCare)

Saat ini, mesin cuci menjadi perangkat elektronik yang sulit dipisahkan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya bagi keluarga modern. Dengan adanya mesin cuci, kamu bisa menghemat waktu dan tenaga untuk membersihkan pakaian, selimut, sprei, dan lainnya. Daripada membawa pakaian kotor ke tempat laundry karena gak sempat mencuci, alat ini menjadi pilihan sempurna agar kamu bisa lebih hemat tapi juga tidak terlalu repot.

Namun, mesin cuci adalah perangkat elektronik yang rentan rusak jika tidak digunakan dengan bijak. Nah, agar mesin cuci kamu dapat bekerja secara optimal dan tetap tahan lama, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan. Mau tahu apa saja tips-tipsnya? Yuk, simak ulasan di bawah ini sampai selesai!

1. Bersihkan mesin cuci secara berkala

ilustrasi mesin cuci (pexels.com/ RDNE Stock project)

Sederhana namun penting, kamu mesti menjaga kebersihan mesin cuci. Membersihkan mesin cuci secara rutin adalah salah satu kunci agar mesin ini dapat bekerja dengan baik. Setiap kali kamu selesai menggunakan mesin cuci, segera bilas dengan air bersih agar tidak ada sisa-sisa kotoran dan deterjen yang tertinggal.

Setiap beberapa waktu, lakukan pembersihan mendalam untuk menghilangkan residu deterjen, garam, dan mineral yang terakumulasi. Setidaknya sebulan sekali, jalankan siklus pencucian kosong dengan air panas dan cuka putih untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci dari kotoran dan residu deterjen. Ini akan membantu menjaga mesin cuci bekerja dengan baik dan mencegah kerusakan pada komponen penting.

2. Jangan gunakan mesin cuci sampai overload

ilustrasi mencuci daster (pexels.com/RDNE Stock project)

Memasukkan terlalu banyak pakaian dalam satu kali sesi pencucian dapat membebani mesin cuci dan mengurangi efisiensi pencucian. Selain itu, hal ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada motor dan komponen lain. Maka pastikan kamu selalu mengikuti kapasitas maksimum yang direkomendasikan oleh produsen.

Selain itu, hindari juga menggunakan terlalu banyak deterjen. Sebab, residu deterjen yang berlebihan dapat menumpuk di dalam mesin cuci dan menyebabkan kerusakan. Gunakan deterjen secukupnya saja atau ikuti petunjuk penggunaan deterjen yang tertera pada kemasan. Pastikan untuk menggunakan jenis deterjen yang boleh digunakan untuk mencuci dengan mesin.

Baca Juga: 7 Merek Mesin Cuci 2 Tabung Terbaik dan Hemat Listrik

3. Jaga keseimbangan beban cucian

ilustrasi mencuci baju (pexels.com/RDNE Stock project)

Memastikan beban cucian seimbang sangat penting untuk mencegah getaran berlebihan dan kerusakan pada mesin cuci. Jika kamu mencuci barang besar dan berat seperti selimut atau jaket, usahakan untuk menyeimbangkan beban dengan menambahkan beberapa pakaian kecil di sisi yang berlawanan. Ini akan membantu menjaga kestabilan mesin saat berputar.

Satu hal yang gak kalah penting adalah dengan memeriksa kantong pakaian sebelum mulai mencuci. Koin, kunci, atau benda kecil lainnya yang tertinggal di saku pakaian dapat merusak drum mesin cuci dan bagian lainnya. Selalu periksa dan kosongkan saku pakaian sebelum dimasukkan ke dalam mesin cuci. Hal ini juga dapat mencegah kerusakan pada pakaian itu sendiri.

Verified Writer

richpriant

Bismillah aja.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya