TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Sikapi Pasangan yang Kurang Peka, Perlu Aktif Berkomunikasi

Meski butuh sedikit kerja keras, tetapi kamu bisa, kok

ilustrasi pasangan yang sedang bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Salah satu hal yang rasanya cukup menarik dari sebuah hubungan romantis, entah itu pernikahan atau sekadar pacaran, yaitu adanya perlakuan istimewa dari orang tersayang. Ketika pasangan begitu peka, bahkan tanpa perlu kamu meminta dulu, kebutuhan dan keinginanmu bisa terpenuhi. Tentu hal ini membuat hati sungguh bahagia karena kamu merasa disayangi.

Namun, bila ternyata pasanganmu adalah sosok yang tidak peka, maka tentu beda cerita. Harus diakui, meski orang tersebut baik, penyayang, dan juga setia, tetapi bila kepekaannya rendah, tetap bisa bikin kesal juga, kan? Lalu, apa yang harus dilakukan untuk menyikapi pasangan seperti ini? Coba terapkan beberapa tips berikut ini, ya!

Baca Juga: 9 Tips Bahagiakan Pasangan ala Artis Korea, Kunci Hubungan Awet

1. Jangan ragu untuk mengungkapkan apa yang kamu perlukan

ilustrasi pasangan yang sedang mengecek keuangan (pexels.com/Mikhail Nilov)

Dimengerti oleh pasangan tentu menjadi sesuatu yang terasa menyenangkan, terutama bagi perempuan. Sayangnya, kenyataan memang tidak selalu seindah angan-angan. Jika pasanganmu tergolong manusia yang kurang peka, maka sulit juga untuk mewujudkan harapan menjadi sosok yang bisa dimanjakan oleh orang terkasih.

Kendati demikian, bukan berarti pasanganmu tidak peduli, dia terkadang hanya kurang sensitif terhadap keadaanmu, sehingga terlambat menyadari bahwa kamu sebenarnya sedang mengharapkan dirinya melakukan sesuatu tanpa diminta terlebih dahulu. Oleh sebab itu, alih-alih selalu marah dan kecewa, lebih baik fokus berusaha untuk lebih aktif mengungkapkan apa pun yang kamu perlukan. Meski mungkin sedikit kesal, tetapi setidaknya urusan bisa selesai, bukan begitu?

Baca Juga: 4 Tanda Pasangan Kamu Berharap untuk Dipahami, Harus Peka!  

2. Sampaikan pada pasangan bahwa kamu butuh dia agar lebih peka

ilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Memiliki pasangan yang kurang peka, meski dia sebenarnya sosok yang baik, jelas menjadi tantangan tersendiri. Pasti kamu akan menghadapi saat-saat tertentu di mana merasa sedikit lelah dengan situasi tersebut dan mulai berharap banyak bila suatu hari nanti dirinya bisa berubah menjadi lebih pengertian. Keinginan ini normal, tetapi tidak cukup hanya dengan dibayangkan saja.

Oleh karena itu, coba ambil aksi nyata dengan menyampaikan pada pasangan bahwa kamu benar-benar butuh dia agar menjadi pribadi yang lebih peka. Jangan lupa katakan bila kamu juga akan mendampinginya untuk menjalani proses belajar tersebut. Dengan begini, orang tersayangmu itu dapat mengerti kegelisahanmu dan bersedia untuk memperbaiki diri.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya