TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Aman Menitipkan Kucing di Pet Hotel selama Mudik Lebaran

Kucing nyaman, hati owner pun tenang!

ilustrasi seekor kucing yang sedang tidur (pexels.com/Александар Цветановић)

Tidak lama lagi, umat Islam akan menyambut datangnya Hari Raya Idulfitri atau Lebaran. Di Indonesia, hal ini sangat erat kaitannya dengan tradisi mudik ke kampung halaman untuk berjumpa dengan sanak saudara. Meski harus rela menempuh perjalanan jauh dan terjebak macet, tetapi tidak mengurangi antusiasme untuk melakukan aktivitas tersebut.

Namun, bagi mereka yang punya hewan peliharaan, terutama kucing, sering kali jadi galau karena tidak mungkin membawa serta atau meninggalkan hewan menggemaskan tersebut meski untuk sementara waktu. Untung saja, sekarang sudah banyak terdapat jasa penitipan hewan atau lebih populer dengan sebutan pet hotel.

Lantas, bagaimana cara agar kucing kesayangan tetap aman selama dititipkan di fasilitas pet hotel? Simak dulu tips berikut ini, yuk!

Baca Juga: 5 Tips Mudah Melatih Kucing Peliharaan, Pasti Bisa!

1. Pastikan status vaksinasi hewan sudah up to date

ilustrasi seekor kucing yang sedang diperiksa oleh dokter hewan (pexels.com/Gustavo Fring)

Ada banyak kucing, terkadang juga hewan lain, yang akan ditemukan di pet hotel. Meski tempatnya selalu rutin dibersihkan setiap hari, risiko penularan penyakit antarhewan, terutama yang disebabkan oleh virus, tetap bisa terjadi. Jangan sampai kucingmu yang tadinya sehat malah jatuh sakit begitu dititipkan di tempat tersebut.

Lantas, bagaimana agar kejadian tersebut dapat dicegah? Sebelum menitipkan kucing kesayangan di pet hotel, pastikan status vaksinasi hewan tersebut sudah up to date. Jika belum pernah mendapatkan suntikan vaksin sama sekali, lebih baik segera buat janji dengan dokter hewan untuk vaksinasi. Imunitas tubuh yang kuat akan bantu cegah kucing tertular dan menularkan penyakit, sehingga bisa tetap sehat selama berada di pet hotel.

2. Cari pet hotel yang terpercaya

ilustrasi pet hotel (pexels.com/Henry and Co.)

Tidak dapat dimungkiri bahwa momen Lebaran menjadi ladang rezeki tersendiri bagi mereka yang punya bakat berbisnis. Banyak usaha baru bermunculan di waktu tersebut, tidak terkecuali pet hotel.

Supaya semakin menarik perhatian calon customer, maka penawaran harga spesial pun kerap kali dijadikan “senjata” yang ampuh. Namun, tentu tidak semua pet hotel dadakan tersebut memenuhi standar dan justru cenderung berpotensi membahayakan keselamatan hewan yang dititipkan di sana bila dikelola secara serampangan.

Guna memastikan kucing peliharaan berada di tangan yang aman selama ditinggal mudik, maka wajib untuk mencari pet hotel yang terpercaya, bukan yang sekadar menawarkan harga murah. Kumpulkan sebanyak mungkin informasi terkait pet hotel yang menarik perhatianmu dan lakukan kunjungan langsung bila perlu untuk mengecek kondisi yang sebenarnya. Selain itu, pilihlah yang menyediakan jasa dokter hewan, sehingga kesehatan kucingmu bisa dipantau dengan baik selama dititipkan. Jadi gak merasa was-was, kan?

Baca Juga: 5 Tips Memilih Kucing Peliharaan untuk Pemula, Cari yang Mudah Dirawat

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya