TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Menghadapi Kesepian, Jangan sampai Menghancurkanmu!

Jalani dengan tenang karena semuanya pasti akan teratasi

ilustrasi orang yang kesepian (pexels.com/Valeria Ushakova)

Jika diminta menyebutkan suatu keadaan yang membuat diri tidak nyaman, rasanya kesepian menjadi salah satu jawaban yang tepat. Pasalnya, perasaan ini bahkan bisa muncul di saat kamu berada di tengah keramaian, bersama orang-orang yang kamu kenal, atau di situasi yang sebenarnya banyak terjadi interaksi dengan orang lain.

Namun, tidak ada masalah yang datang tanpa solusi. Sekali pun kesepian itu dapat memberikan siksaan yang nyata, tetapi ada cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya. Beberapa tips ini dapat kamu terapkan untuk menghadapi rasa sepi.

Baca Juga: 5 Kesalahan Diri Sendiri yang Sering Memicu Rasa Kesepian, Gak Ramah?

1. Lakukan aktivitas yang bisa membuatmu lupa dengan kesepian

ilustrasi seseorang yang sedang berolahraga (pexels.com/Klaus Nielsen)

Tidak dapat dimungkiri bahwa rasa sepi itu sangat mengganggu kenyamanan. Kerap kali, perasaan ini muncul atau semakin parah tatkala pikiranmu sedang kosong atau ketika tidak melakukan apa pun. Oleh sebab itu, alangkah baiknya kamu mencegah agar hal semacam ini tidak terus terjadi.

Supaya rasa sepi itu dapat diusir dari dalam diri, cobalah untuk tetap aktif. Lakukan aktivitas yang membuatmu sibuk, seperti membaca buku, berolahraga, jalan-jalan ke tempat yang menyenangkan, atau sekadar membersihkan rumah.

Melalui beragam kegiatan tersebut, pikiran tidak lagi melayang tanpa tujuan dan hati terhindar dari rasa merana akibat kesepian. Kamu jadi lebih sehat dan bahagia, deh!

Baca Juga: 5 Dampak Kesepian di Masa Kecil pada Orang Dewasa, Merasakannya?

2. Jalani fase tersebut dengan penuh kesabaran

ilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Liza Summer)

Orang yang kesepian biasanya akan merasa kebingungan dan bertanya-tanya apakah orang lain juga mengalami hal yang sama. Jika sedang dihadapkan dengan hal seperti ini, jangan khawatir, semua orang pasti pernah berada di situasi yang demikian. Kuncinya, tenangkan diri dan nikmati saja fase tersebut.

Di dalam hidup, terkadang memang ada fase-fase tertentu yang terasa begitu sepi. Contohnya, kamu bisa merasakan hal tersebut saat berduka, banyak beban, dan ketika mengalami beberapa keadaan yang cenderung tidak menguntungkan. Meski tidak nyaman, tetapi hal ini akan berlalu seiring dengan berjalannya waktu. Jadi, tidak perlu terlalu cemas dan jalani saja aktivitasmu seperti biasanya.

Baca Juga: 5 Tips Mengatasi Kesepian saat Menginjak Usia Dewasa, Cek Yuk!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya