TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Mengatasi Hari yang Buruk, Bantu Kembalikan Keceriaan

Ingat, badai pasti berlalu, kawan!

ilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/Liza Summer)

Terkadang datang hari-hari buruk yang seolah mengacaukan segala hal yang sudah dibangun dengan susah payah. Meskipun hanya berlangsung dengan singkat, tetapi biasanya momen ini dapat membekas dalam waktu yang lama. Terkadang jatuh adalah bagian dari proses hidup. Jangan terlalu khawatir karena hari-hari yang buruk tersebut dapat diatasi dengan melakukan beberapa tips berikut ini.

1. Luapkan emosi

ilustrasi seseorang yang sedang sedih (pexels.com/Ivan Samkov)

Mengalami sebuah hari yang buruk pastinya tidak ada dalam to-do list setiap orang. Namun, terkadang hal ini memang terjadi begitu saja dan sangat sulit untuk dihindari. Siapa pun yang sedang “beruntung” bertemu dengan hari yang buruk tentu akan sangat emosi.

Jika memang demikian, tidak perlu ragu untuk meluapkan emosi tersebut. Kamu boleh menangis, berteriak, atau bahkan marah sekalipun, asalkan tidak berlebihan. Hal ini akan membantu untuk melepas emosi negatif, sehingga kamu bisa merasa lebih lega.

Baca Juga: 5 Cara Bersikap Tenang Saat Sedang Terpuruk, Bikin Hidup Jadi Membaik

2. Ingatlah hari-hari yang baik

ilustrasi seseorang yang sedang merenung (pexels.com/Liza Summer)

Di saat mengalami hari yang buruk, rasanya kamu jadi orang yang paling tidak beruntung di dunia. Kamu jadi bertanya-tanya mengapa hal ini harus menimpamu, padahal rasanya kamu tidak punya niat jahat atau apa pun.

Kalau sudah begini, mulailah untuk memikirkan hari-hari menyenangkan yang ada dalam hidupmu. Hal ini dapat membantumu untuk sadar bahwa kamu hanya sedang mendapatkan ujian. Kuatkan dirimu dan yakinlah bahwa semua akan baik-baik saja.

3. Selalu fokus pada tujuan yang ingin digapai

ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/SHVETS Production)

Ketika sedang dilanda hari yang buruk, kamu biasanya akan merasa sangat down dan mendadak tidak punya energi untuk melakukan apa pun. Ini memang sebuah reaksi yang sangat wajar, tetapi jangan sampai terjadi berlarut-larut.

Di dalam kondisi seperti ini, ada baiknya kamu mencoba kembali fokus pada tujuan yang ingin digapai. Mengingat hal seperti ini dapat memberikan kekuatan tersendiri, sehingga kamu bisa segera bangkit dari keterpurukan yang dialami.

4. Sempatkan untuk melakukan hal yang disukai

ilustrasi seseorang sedang berjalan (pexels.com/Vlada Karpovich)

Mengalami hari yang buruk biasanya akan memicu timbulnya mood yang kacau atau bahkan sakit hati. Semua rencana yang telah disusun rapi jadi berantakan dan kamu harus mengulang kembali dari awal.

Supaya rasa sakitmu dapat sedikit terobati, sempatkanlah untuk melakukan sesuatu yang disukai di hari itu juga. Mungkin kamu bisa pergi jalan-jalan, membeli makanan favorit, dan sebagainya. Hal ini dapat meredakan amarah, sehingga kondisimu dapat berangsur-angsur stabil.

Baca Juga: 5 Alasan Jangan Cari Jalan Pintas saat Kamu Terpuruk

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya