TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Tips Terhindar dari Penipuan saat Mencari Tempat Kos

Selalu double-check informasi yang kamu dapatkan, ya!

ilustrasi anak kos (pexels.com/cottonbro)

Bagi mereka yang pergi merantau ke luar kota untuk keperluan menuntut ilmu atau bekerja, pasti sudah akrab dengan kehidupan indekos. Tinggal bersama beberapa orang lain di tempat yang baru bisa terasa sangat seru. Pokoknya, pengalaman ini tidak akan pernah terlupakan sepanjang hidup.

Namun, ternyata mencari tempat indekos terkadang tidak semudah yang dibayangkan, terlebih bagi yang belum berpengalaman. Kalau tidak hati-hati, nanti bisa jadi korban penipuan. Tentu hal semacam ini sangat merugikan.

Lalu, apa yang bisa dilakukan agar terhindar dari penipuan saat mencari tempat indekos? Simak tips penting berikut ini sampai habis, yuk!

Baca Juga: 5 Tips Kebal dari Penipuan Online, Jangan Mau Jadi Korban!

1. Cari tahu informasi dari orang di sekitar tempat indekos tujuan

ilustrasi melihat bangunan rumah (pexels.com/MART PRODUCTION)

Di era serba digital seperti saat ini, kamu bisa sangat dimudahkan dalam hal mencari sesuatu, termasuk ketersediaan tempat indekos. Tidak perlu susah payah mendatangi alamat satu demi satu, tinggal hubungi lewat telepon atau website yang tertera, semua bisa beres.

Sayangnya, di sisi lain, kemudahan semacam ini juga bisa jadi peluang penipuan. Banyak yang memasang iklan indekos di internet, tetapi sebenarnya fiktif belaka. Tujuannya jelas, yaitu ingin menipu orang-orang yang tidak begitu teliti atau tidak paham dengan hal tersebut.

Guna menghindari terjadinya hal semacam itu, sebaiknya cek langsung ke lokasi untuk memastikan bahwa indekos itu benar-benar ada. Kamu bisa minta tolong saudara atau teman yang berada di sekitar lokasi untuk memastikan hal tersebut. Jika terbukti tidak fiktif, maka bisa lanjut untuk memesan tempat.

2. Cari tahu dari situs terpercaya dan selalu double-check

ilustrasi seseorang yang sedang menggunakan laptop (pexels.com/cottonbro studio)

Mendatangi lokasi secara langsung memang merupakan cara paling aman untuk mencari tempat indekos. Namun, tentu saja tidak semua orang punya banyak waktu dan tenaga untuk melakukan hal ini dikarenakan banyaknya kesibukan yang harus dikerjakan. Oleh sebab itu, mencari informasi lewat internet adalah solusi untuk permasalahan ini.

Jika kamu hendak mencari tahu tempat indekos yang dibutuhkan, pastikan untuk mengecek dari situs-situs terpercaya, seperti website atau media sosial yang resmi. Ketika merasa sudah menemukan beberapa kandidat yang cocok, jangan lupa untuk double-check. Lebih baik ribet sebentar dari pada menyesal kemudian, bukan begitu?

Baca Juga: Jadi Korban Penipuan Keuangan Digital, Amankan Bukti!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya