TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Sikap yang Bakal Membuatmu Jauh dari Kesuksesan, Lekas Perbaiki!

Berpotensi terus merugi karena tidak mau berkembang

ilustrasi seseorang yang merasa stres (pexels.com/Karolina Grabowska)

Setiap orang tentu ingin meraih kesuksesan sesuai dengan versi masing-masing. Namun, mencapai titik tersebut tidaklah semudah membalik telapak tangan. Ada beragam usaha yang perlu dilakukan dan tantangan yang harus dilalui terlebih dahulu.

Kendati demikian, keberhasilan meraih sesuatu tidak hanya ditentukan oleh kegigihan, tetapi juga sikap yang baik. Sayangnya, masih banyak orang melakukan hal-hal yang justru menghambat diri meraih kesuksesan yang diinginkan. Apa saja sikap yang dimaksud? Baca artikel ini sampai selesai, ya!

1. Selalu overthinking

ilustrasi seseorang yang sedang berpikir (pexels.com/Karolina Grabowska)

Supaya tidak salah dalam melangkah, memang sudah sepatutnya bila kamu selalu merenungkan sisi positif dan sisi negatif dari segala sesuatu. Pengetahuan terhadap semua itu memberikan gambaran mengenai manfaat yang bisa diperoleh dan juga risiko yang mungkin dialami. Kalau sudah begitu, diharapkan kamu mampu mengambil keputusan dengan tepat dan melaksanakannya sepenuh hati.

Kendati memang harus berhati-hati, bukan berarti tindakan overthinking dapat dibenarkan. Alih-alih menghindarkanmu dari sesuatu yang berbahaya, sikap ini bahkan tidak akan pernah membawamu ke mana-mana. Akibatnya, kamu malah menjadi takut untuk mengambil keputusan dan berakhir tidak mendapatkan kemajuan apa pun dalam hidup. Biasanya, penyesalannya baru akan terasa di kemudian hari.

2. Sering merasa malu untuk belajar

ilustrasi seseorang yang merasa malu (pexels.com/Mikhail Nilov)

Salah satu hal yang membuat seseorang menjadi mulia adalah karena memiliki rasa malu. Pasalnya, malu dapat menghindarkan orang tersebut dari hal-hal buruk yang memang tidak pantas untuk dilakukan, sehingga kebaikan dirinya akan selalu terjaga. Namun, bila rasa malu diletakkan di tempat yang salah, justru dapat membawa kerugian besar.

Merasa malu memang boleh, bahkan wajib, asal untuk sesuatu yang tidak pantas. Namun, bila kamu malu untuk belajar hal baru hanya karena takut ditertawakan saat melakukan kesalahan, ini bukan sikap yang tepat. Salah dalam proses belajar itu hal wajar dan justru ini yang bisa membuatmu semakin berkembang. Nah, sekarang pikirkan, bila kamu tidak pernah mencoa untuk maju, bagaimana bisa sukses di masa depan?

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Kegagalan Bukanlah Hal yang Perlu Ditakuti

3. Merasa puas dengan ilmu yang dimiliki

ilustrasi seseorang yang sedang malas (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika bicara soal harta, merasa cukup dengan apa yang telah dimiliki adalah suatu kebaikan. Ini menjadi tanda bahwa kamu tidak serakah. Namun, bila yang dibicarakan adalah tentang ilmu, jelas kamu melakukan suatu kesalahan. Merasa puas dengan ilmu yang dimiliki bukan hal yang tepat karena pengetahuan terus berkembang dan apa yang kamu ketahui dulu belum tentu masih relevan hingga sekarang.

Tidak seperti mengejar harta yang bisa membuatmu jadi orang buruk bila berlebihan, haus akan ilmu justru menjadikanmu semakin mulia. Pengetahuan yang beragam memberikan bekal penting untuk menghadapi segala macam tantangan kehidupan. Oleh sebab itu, merasa puas dengan ilmu yang dimiliki tidaklah tepat dan menjauhkanmu dari kesuksesan.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya