TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Kiat Hadapi Badai dalam Hubungan Pernikahan, Jaga Kekompakan!

Bangun tim yang solid bersama pasangan untuk hadapi ujian

ilustrasi pasangan kekasih (unsplash.com/Milan Popovic)

Setiap hubungan romantis, terlebih di dalam ikatan pernikahan, pasti tidak akan luput dari adanya ujian. Terkadang hal itu bisa dilalui dengan mudah, tetapi di lain waktu, tantangan yang datang dirasa cukup berat, hingga menyebabkan terjadinya pergolakan batin yang hebat. Tentu, keberadaan “badai” semacam ini dapat mengancam keberlangsungan jalinan asmara.

Kendati sulit untuk dilalui, tetapi sejatinya segala sesuatu hanyalah fase, termasuk permasalahan besar yang sedang kamu dan pasangan alami. Jika kalian bisa bekerja sama sebagai sebuah tim yang solid, maka keadaan yang penuh tantangan itu pun dapat diselesaikan dengan baik. Nah, supaya kalian tetap optimis dan kuat untuk menghadapi “badai” yang sedang mendera hubungan, terapkan dulu beberapa kiat berikut ini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Kreatif untuk Mengurangi Limbah Bunga di Pernikahan

1. Berusaha untuk saling menguatkan dan memberi semangat

ilustrasi pasangan yang baru pindah rumah (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika hubunganmu dilanda kesulitan, seperti masalah keuangan, kehilangan pekerjaan, kamu atau pasangan mengidap suatu penyakit, dan sebagainya, pasti keadaan ini dapat menimbulkan kegelisahan yang teramat dalam. Rasanya tidak ada lagi harapan yang tersisa, membuatmu dan orang terkasih terus pesimis. Kalau tidak ada suntikan semangat, maka kalian akan kalah melawan ujian yang datang.

Jika sedang mengalami situasi seperti ini, maka kamu dan pasangan harus berusaha untuk saling menguatkan dan memberi semangat. Cobalah untuk menumbuhkan rasa percaya diri satu sama lain agar tidak mudah menyerah dalam menghadapi segala kesulitan. Ketika optimisme itu hadir, maka kalian berdua akan mendapatkan kekuatan untuk melalui segala ujian dengan penuh keyakinan bisa berhasil.

Baca Juga: Mengenal Kanonik dalam Pernikahan Katolik

2. Jaga dan tunjukkan kesetiaan pada pasangan

ilustrasi pasangan (pexels.com/Antoni Shkraba)

Ujian dalam pernikahan sejatinya merupakan sebuah keniscayaan. Sekali pun dihindari dengan sekuat tenaga, tetapi dinamika kehidupan ini terkadang tetap akan menghadirkan banyak kejadian yang tidak diharapkan. Bayangkan bila seandainya saat menghadapi kesulitan seperti ini, orang terkasih justru berpaling begitu saja, pasti akan membuat hati kecewa, kan?

Oleh sebab itu, hadapi “badai” yang menghadang hubungan dengan cara menjaga dan menunjukkan kesetiaan kepada pasangan. Meski banyak ujian yang harus dilalui, tetapi mengetahui kalian tetap setia satu sama lain tentu akan menghadirkan ketenangan tersendiri. Percayalah, selama kalian terus bersama, maka tantangan seberat apa pun dapat dilalui dengan baik.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya