TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Keuntungan Selalu Berusaha Menghadirkan Optimisme dalam Hidup

Ciptakan rasa percaya diri untuk raih keberhasilan

ilustrasi perempuan yang sedang tersenyum (pexels.com/Daniel Xavier)

Salah satu hal yang membuat hidup terasa begitu berat untuk dijalani adalah saat kamu merasa pesimis. Pasalnya, hal ini membuatmu kehilangan semangat, rasa percaya diri, dan energi untuk terus berjuang melewati hari-hari yang terkadang tidak menguntungkan. Lalu, apa yang bisa dilakukan?

Supaya kehidupan berjalan lebih baik, maka penting sekali berusaha untuk menghadirkan optimis. Meski memang tidak mudah, tetapi hal ini akan membawa banyak kebaikan, lho! Apa saja sih keuntungan yang bisa kamu nikmati dari adanya rasa optimis? Temukan jawabannya dalam artikel ini, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menjalani Gap Year agar Tetap Optimis dan Realistis

1. Merasa lebih mudah dalam menghadapi setiap masalah

ilustrasi seseorang yang sedang fokus bekerja (pexels.com/MART PRODUCTION)

Setiap orang pasti memiliki tantangan hidupnya masing-masing. Bukan hal yang aneh saat kehidupan yang dijalani diwarnai oleh beragam permasalahan, baik kecil maupun besar. Namun demikian, tidak dapat dimungkiri bahwa terkadang ada kalanya kamu seperti tidak punya kekuatan untuk menghadapi kesulitan yang muncul, terutama bila hal tersebut tampak begitu rumit untuk diselesaikan.

Nah, di saat seperti inilah rasa optimis itu akan bekerja. Jika kamu memiliki keyakinan akan selalu mampu untuk melewati tantangan, tidak peduli meski harus bersusah payah, maka rasa percaya diri akan terus terpelihara. Hasilnya tidak main-main, cepat atau lambat, kamu pun bisa menemukan jalan keluar terbaik untuk mengatasi setiap permasalahan hidup, bahkan dengan cara yang ternyata lebih mudah dari yang dipikirkan sebelumnya.

Baca Juga: 6 Tanda Kamu Hidup dengan Mindfulness, Fokus dan Menikmati Hidup

2. Ada dorongan kuat untuk berjuang mewujudkan mimpi

ilustrasi seseorang yang sedang serius belajar (pexels.com/Min An)

Semua orang bisa membayangkan betapa bahagianya bila mimpi yang dimiliki bisa terwujud. Namun, hanya sebagian dari mereka yang mau benar-benar bekerja keras untuk mampu merealisasikannya. Pasalnya, masih banyak orang yang terlalu pesimis bahwa dirinya tidak bisa menggapai cita-cita karena terhalang keadaan sulit, seperti berasal dari keluarga yang hidupnya kekurangan, merasa kurang pandai, tidak punya kesempatan untuk berjuang, dan sebagainya. Padahal, memang tidak ada kisah sukses yang jalannya mulus-mulus saja, kan?

Cerita berbeda akan muncul dari orang-orang yang selalu berusaha menghadirkan rasa optimis dalam keseharian, tidak peduli sesulit apa pun rintangan yang harus dilalui. Mereka berpikir bahwa kesempatan untuk meraih cita-cita itu selalu ada bila terus diusahakan, bukan muncul begitu saja. Jadi, optimisme itu akan mendorongmu menciptakan lebih banyak peluang, sehingga pada akhirnya mampu merealisasikan impian.

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya