TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kamu Gak Bisa Menikmati Hidup

Kalau sudah begini, siapa yang akan rugi?

ilustrasi seseorang yang merasa stres (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Meski tidak ada yang sempurna di dunia ini, tetapi kamu selalu punya pilihan untuk bisa menciptakan kebahagiaan dalam setiap momen kehidupan. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengubah situasi yang dirasa kurang menguntungkan menjadi kondisi yang mampu menghadirkan senyuman. Hasilnya, hidup yang dijalani akan terasa jauh lebih nikmat.

Sayangnya, sebagian orang merasa hidup yang mereka jalani tidaklah seindah yang dialami orang lain. Namun, ternyata orang-orang seperti ini juga memiliki kebiasaan buruk yang berkontribusi merusak hari yang mereka hadapi. Akibatnya, sampai kapan pun mereka tidak akan pernah bisa menikmati hidup selama tidak melakukan perubahan positif yang signifikan. Nah, kebiasaan buruk apa sih yang dimaksud? Simak penjelasannya dalam artikel berikut ini, yuk!

Baca Juga: 5 Tanda Nyata Hidup Kamu Penuh dengan Drama, Punya Konflik Sama

1. Tidak fokus pada kehidupan yang saat ini sedang dijalani

ilustrasi seorang perempuan yang sedang melamun (pexels.com/Karolina Grabowska)

Banyak orang merasa kehidupannya buruk karena mereka belum bisa move on dari masa lalu dan malah terlalu fokus pada masa depan yang bahkan entah akan sempat dialami atau tidak. Akibatnya, mereka cenderung mengabaikan beragam hal menarik yang sebenarnya ada di kehidupan saat ini. Kalau terus bersikap begini, bagaimana bisa bahagia?

Oleh sebab itu, cobalah untuk fokus membangun hidup yang kamu jalani saat ini. Ketika kamu mulai memberikan perhatian pada kehidupan sekarang, maka akan ada banyak hal yang patut untuk dieksplorasi dan dikembangkan untuk menciptakan beragam kesempatan menarik. Hasilnya, kamu pun akan merasa lebih bahagia dan dapat menikmati hari-harimu dengan penuh senyuman.

Baca Juga: 5 Film Jepang yang Mengajarkan untuk Menghargai dan Menikmati Hidup

2. Memaksakan diri menganut gaya hidup di luar kemampuan

ilustrasi seseorang yang kekurangan uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Salah satu hal yang memang bisa menciptakan kegembiraan adalah saat memiliki gaya hidup sesuai dengan kemauan. Kendati demikian, banyak orang lupa bahwa terkadang kemauan tersebut belum dapat diwujudkan dengan kemampuan yang ada. Akibatnya, mereka memaksakan diri hanya demi memenuhi gengsi.

Sekarang bayangkan, bila kamu belum mampu menganut gaya hidup tertentu karena finansial yang belum mencukupi, bukankah ini akan terasa sangat melelahkan? Kamu bekerja giat mencari uang, tetapi hanya akan habis demi memuaskan nafsu duniawi.

Nah, biar tidak terus “babak belur” seperti itu, belajarlah untuk menyesuaikan gaya hidup dengan kemampuan. Meski mungkin belum terlihat hebat, tetapi kamu bisa merasa lebih nyaman karena tidak lagi memaksakan diri untuk sesuatu yang masih terlalu berat untuk digapai. Kalau sudah begini, kamu pun dapat menikmati hidup, deh!

3. Kerap menyimpan rasa marah kepada orang lain

ilustrasi seseorang yang sedang marah (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak dapat dimungkiri bahwa memang ada orang-orang tertentu yang bisa bertindak buruk dan merugikan orang lain. Sosok semacam ini kerap membuatmu kesal, bahkan marah sampai waktu yang lama. Namun, tahukah kamu bahwa sikap menyimpan rasa marah hingga berlarut-larut itu malah akan membuatmu rugi sendiri?

Kamu mungkin berpikir bahwa dengan menunjukkan kemarahan, orang yang membuatmu kesal akan menyadari kesalahannya dan berubah menjadi pribadi yang lebih baik. Sayangnya, mereka sering kali justru tidak menganggap penting emosimu tersebut dan tetap menjalani kehidupannya dengan asyik, sedangkan di sisi lain hatimu malah tidak tenang.

Oleh sebab itu, jangan pernah menyimpan rasa marah kepada orang lain. Berikan maaf dan lanjutkan aktivitasmu seperti biasa. Dengan begini, tidak ada beban dalam hati dan kamu bisa mulai menemukan kenikmatan dalam menjalani hidup.

Ada beragam hal kurang menyenangkan dalam menjalani hidup yang ternyata muncul sebagai akibat dari perilakumu yang keliru. Oleh sebab itu, penting untuk menghilangkan beberapa kebiasaan buruk seperti yang dijelaskan dalam artikel agar kamu bisa menemukan kebahagiaan dalam setiap momen yang dijalani. Hasilnya, banyak kebaikan akan tumbuh dan kamu pun bisa menikmati hidup dengan nyaman. Jadi, siapkan diri untuk perubahan yang lebih baik, ya!

Baca Juga: 5 Kebiasaan Sederhana yang Bikin Hidup Lebih Bahagia

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya