TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Dampak Buruk Terlalu Mencemaskan Masa Depan, Gak Happy!

Lebih baik gunakan energi untuk berusaha maksimal sekarang

ilustrasi seseorang yang merasa cemas (pexels.com/Liza Summer)

Masa depan sangat misterius. Tidak ada yang tahu persis apa yang akan terjadi di waktu tersebut. Jika semuanya baik-baik saja, tentu hati akan terasa tenang, karena tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Namun, bagaimana bila yang muncul justru sebaliknya? Duh, hal-hal seperti ini pasti sukses bikin kamu overthinking terus, kan?

Memikirkan tentang masa depan memang sesuatu yang sudah sewajarnya dilakukan oleh siapa pun. Namun, tujuannya bukan untuk menakut-nakuti diri, melainkan mempersiapkan diri dengan lebih baik agar mampu mencegah terjadinya sesuatu yang tidak dikehendaki.

Jika malah jadi terlalu cemas akan masa tersebut, maka kamu bisa mengalami beberapa dampak buruk seperti yang telah dirangkum di bawah ini, lho. Cobalah untuk menjalani hidup ini tanpa terlalu cemas, ya.

Baca Juga: 5 Alasan Merawat Diri adalah Investasi Terbaik untuk Masa Depan

1. Tidak dapat menikmati kehidupan saat ini

ilustrasi seseorang yang sedang stres (pexels.com/Andrew Neel)

Mengkhawatirkan masa depan memang hal manusiawi. Hampir semua orang pernah mengalami kejadian seperti ini. Namun, hal ini tidak dapat dijadikan sebagai alasan untuk terus merasa cemas, apalagi hingga berlebihan dan mengganggu jalannya aktivitas sehari-hari. Kalau tidak segera ditangani, hidupmu saat ini yang akan jadi korban.

Kamu harus lekas kembali sadar bahwa hidup yang dijalani adalah saat ini, bukan di masa yang telah lalu, bukan pula di masa yang akan datang. Jangan sampai terlalu takut akan sesuatu yang belum terjadi hingga lupa menikmati segala rezeki yang sudah jelas ada hari ini. Jadi, khawatir sewajarnya saja dan tetaplah mengusahakan yang terbaik sambil terus bahagia, ya!

Baca Juga: 5 Kiat untuk Mengatasi Perasaan Gelisah dan Cemas akan Masa Depan

2. Membuatmu berkecil hati

ilustrasi seseorang yang merasa sedih (pexels.com/MART PRODUCTION)

Membayangkan akan mendapatkan masa depan yang kurang menyenangkan tentu menjadi mimpi buruk tersendiri. Akibatnya, timbul rasa khawatir yang berlebihan, seakan-akan segala hal yang tidak baik akan benar-benar terjadi. Ketakutan yang sebenarnya tidak beralasan seperti ini sebaiknya dihentikan karena bisa membuatmu berkecil hati.

Percaya atau tidak, terlalu cemas dengan hal yang belum pasti bisa membuat rasa percaya dirimu merosot. Jika tidak segera diatasi, kamu akan kesulitan untuk menjalani hari-harimu dengan normal. Kalau sudah begini, jangankan masa depan, masa yang sekarang pun jadi rusak karena tidak mendapatkan perhatian yang semestinya.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Overthinking Terhadap Hal yang Belum Terjadi

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya