TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

3 Alasan Tidak Semua Hal Perlu Dipertahankan, Simpan Energimu!

Lepaskan apa pun itu yang tidak mendamaikan batinmu

ilustrasi seorang perempuan (pexels.com/Tirachard Kumtanom)

Manusia memang telah diajarkan untuk menghargai dan merawat segala sesuatu yang mereka miliki. Ini merupakan bentuk rasa syukur atas kesempatan untuk bisa melewatkan waktu yang berharga bersama seseorang atau sesuatu yang membawa warna tersendiri dalam kehidupan. Oleh sebab itu, tidak heran bahwa ada upaya untuk mempertahankan segala yang ada, sekali pun bila harus bertaruh nyawa.

Sayangnya, terkadang apa yang dibela mati-matian ternyata tidak membuahkan hasil yang sepadan. Kamu hanya buang-buang waktu dan tenaga untuk seseorang atau sesuatu yang sebenarnya memang sudah sepantasnya tidak bersamamu lagi. Kalau begini, ada baiknya mulai belajar untuk melepaskan. Tidak semua hal memang perlu dipertahankan atas dasar beberapa alasan berikut!

Baca Juga: 8 Kondisi yang Bisa Membantu Seseorang Berjuang Hadapi Mental Illness

1. Tidak semua hal ditakdirkan untuk menetap dalam kehidupanmu

ilustrasi seorang perempuan yang sedang memejamkan mata (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Ketika berusaha untuk mempertahankan sesuatu, entah itu hubungan dengan seseorang atau harta benda yang selama ini dimiliki, kamu berharap upaya yang dilakukan akan membuahkan hasil yang baik. Kamu melakukan semua ini karena percaya bahwa apa yang dititipkan padamu memang harus dijaga dengan sepenuh hati. Tidak heran, kamu memberikan banyak upaya demi mampu membuat hal tersebut tetap ada dalam kehidupanmu.

Namun, di sisi lain, kamu juga harus menyadari bahwa karena itu hanyalah titipan. Sudah sepantasnya bila tidak semuanya akan terus bersamamu. Jika kamu sudah berjuang untuk mempertahankan dengan sungguh-sungguh tetapi hasilnya tetap tidak berhasil, maka sebaiknya lepaskan saja. Ikhlaskan apa pun yang memang tidak menjadi takdirmu, ya!

2. Kehilangan sesuatu tidak selalu berarti mendapatkan kerugian

ilustrasi seorang perempuan yang sedang tersenyum (pexels.com/Liza Summer)

Terkadang kamu berusaha mati-matian untuk mempertahankan seseorang atau sesuatu karena merasa bahwa itu adalah yang terbaik. Kamu takut tidak akan pernah menemukan ganti yang sepadan bila melepaskannya begitu saja. Berawal dari pemikiran semacam ini, kamu mengerahkan segala upaya untuk membuat hal itu tetap menjadi milikmu.

Padahal, kehilangan seseorang atau sesuatu tidak selalu berarti akan membuatmu merugi. Tidak jarang, ketika kamu rela melepas hal tersebut, justru pengganti yang jauh lebih baik dan sesuai akan mendatangimu tanpa disangka-sangka. Oleh sebab itu, pertahankan semampunya. Jika sudah mencapai titik di mana merasa sudah tidak sanggup, maka biarkan hal itu pergi.

Baca Juga: 3 Formula Efektif yang Melahirkan Kebahagiaan dan Kedamaian, Cobalah!

Verified Writer

Ratna Kurnia Ramadhani

Manusya mriga satwa sewaka.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya