TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Rekomendasi Tanaman Hias Ukuran Kecil, Ruangan Sempit Jadi Estetik

Bikin ruangan jadi bewarna

calathea (unsplash.com/Magali Merzougui)

Tanaman hias tak hanya cantik diletakkan di ruangan yang besar. Ruangan yang sempit pun bisa menjadi lokasi yang tepat untuk beberapa tanaman hias dengan ukuran yang kecil. Hal ini agar bisa menciptakan keserasian dan supaya ruangan tak terasa semakin sempit.

Untuk kamu yang ingin memperindah ruangan sempit, maka pilihlah tanaman hias berukuran kecil yang tak memakan banyak tempat. Berikut beberapa rekomendasi tanaman hias dengan ukuran kecil yang bisa kamu pilih. 

Baca Juga: 5 Fakta Mengenai Tanaman Gandum yang Jarang Diketahui

1. Alocasia

alocasia (unsplash.com/feey)

Alocasia adalah tanaman hias dengan ukuran kecil yang sangat ideal untuk diletakkan di ruangan sempit. Walaupun sejumlah varietas alocasia bisa tumbuh setinggi lebih dari 1 meter, namun ada pula varietas mini yang disebut "alocasia permata".

Tanaman ini cukup kecil untuk ditaruh di atas meja atau di sudut yang terang. Di samping itu, tumbuhan ini harus disiram dengan rutin untuk melindungi tanahnya tetap lembap, namun tidak sampai becek.

Selama musim hujan atau ketika cuaca dingin, kurangilah intensitas penyiraman karena tanaman ini memerlukan air yang lebih sedikit. Selain itu, supaya alocasia semakin subur, kamu juga bisa memberikannya pupuk cair yang encer setiap satu hingga dua kali per bulan selama musim panas. 

2. Calathea

calathea (unsplash.com/Magali Merzougui)

Calathea banyak dijadikan tanaman hias di dalam ruangan karena memiliki daun yang sangat dekoratif, yang menampilkan beragam pola, warna, dan bentuk. Tumbuhan ini akan tumbuh dengan baik jika berada di tempat dengan cahaya sedang hingga rendah dengan kelembapan yang cukup.

Selain itu, jangan diletakkan di tempat dengan terlalu banyak paparan sinar matahari karena daunnya gampang terbakar. Di samping itu, karena tepi daunnya bisa mudah terbakar, jangan biarkan tanah pada tanaman ini mengering dan siramlah sesegera mungkin sesudah permukaannya terasa kering.

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Rambat Berbunga yang Tampak Menawan, Estetik Banget!  

3. Zebra haworthia

zebra haworthia (unsplash.com/Elliot Cullen)

Rekomendasi berikutnya adalah zebra haworthia. Ini merupakan tanaman hias kecil yang memiliki tampilan yang lucu, jadi sangat pas untuk dijadikan hiasan di ruangan sempit. Tumbuhan yang tumbuh lambat ini membentuk roset daun hijau berdaging dengan aksen pita bintik-bintik putih berkerikil yang tampak unik. 

Di samping itu, tanaman ini bisa hidup di cahaya redup, namun lebih suka dengan cahaya tak langsung yang sedang sampai terang. Untuk penyiraman, kamu bisa membiarkan tanahnya mengering sepenuhnya di antara waktu penyiraman. Pemberian pupuk lepas lambat secara berkala juga bisa dilakukan untuk menyuburkannya. 

4. Sirih gading

sirih gading (unsplash.com/Kelsey Brown)

Apabila kamu suka dengan tanaman hias kecil yang merambat, maka sirih gading dapat menjadi pilihan. Tumbuhan ini bisa  dibiarkan menjuntai dari keranjang gantung atau diarahkan ke penyangga vertikal.

Beragam varietas sirih gading mempunyai bentuk dan warna daun yang bermacam-macam. Tapi umumnya, daunnya mempunyai warna yang cerah, jadi sangat pas untuk memberikan warna pada ruangan. Supaya sirih gading dapat tumbuh subur dalam ruangan, maka biarkan tanah bagian atasnya mengering di antara waktu penyiraman. Di samping itu, tambahkan pupuk ringan dengan teratur setiap 1 sampai 3 bulan.

5. Philodendron

ilustrasi philodendron (unsplash.com/feey)

Philodendron adalah tumbuhan yang gampang tumbuh, jadi berhasil menarik banyak pecinta tanaman hias. Di samping itu, tanaman ini juga mempunyai tampilan yang indah untuk disimpan di berbagai ruangan.

Untuk daunnya sendiri hadir dalam beragam ukuran, bentuk, dan warna. Tanaman hias ini juga bisa tumbuh di luar ruangan di area beriklim sedang. Selain itu, tanaman ini tahan terhadap cahaya redup, namun akan tumbuh lebih cepat dengan cahaya sedang sampai terang.

Philodendron lebih menyukai tanah yang lembab merata, namun tidak becek. Oleh karena itu, berikan air hanya bila 1,5 cm tanah bagian atasnya kering.

Tanaman hias di atas bisa menjadi hiasan interior yang cantik untuk diletakkan di ruangan sempit. Ruangan akan menjadi lebih berwarna dan hidup, lho! 

Baca Juga: 5 Tanaman Pengusir Lalat Buah, Bisa Ditanam di Dalam Rumah! 

Verified Writer

Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya