TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Alasan Seseorang Gak Ingin Jadi Dewasa, Dianggap Menakutkan!

Semua orang akan menua, tapi itu juga hal yang tak diinginkan

ilustrasi perempuan memeluk boneka (pexels.com/Wilson Vitorino)

Saat masih kecil, kita biasanya ingin cepat-cepat dewasa. Sebab, kita berpikir menjadi dewasa berarti bisa melakukan banyak hal yang gak bisa dilakukan seorang anak kecil.

Namun, semakin beranjak dewasa justru gak sedikit orang yang gak ingin jadi dewasa dan merindukan masa kecil mereka. Sebab, menjadi dewasa berarti semakin besar tanggung jawab yang harus diemban.

Masalah kehidupan pun semakin lebih rumit dibanding PR matematika. Inilah lima alasan mengapa seseorang merasa tidak ingin jadi dewasa, meski itu adalah sesuatu yang mutlak bakal terjadi.

1. Hanya melihat sedikit contoh orang dewasa yang "baik"

ilustrasi anak berada di tengah pertengkaran orangtuanya (freepik.com/artursafronovvvv)

Penelitian yang dilakukan Hurd dan kawan-kawan pada tahun 2009 menunjukkan, bahwa para remaja membutuhkan panutan orang dewasa yang baik. Baik-buruknya perilaku orang dewasa yang seseorang lihat sewaktu remaja ternyata bisa memengaruhi pandangan orang tersebut tentang menjadi dewasa.

Begitu juga kalau kita gak melihat kebahagiaan di diri orang dewasa yang dijadikan contoh. Hal ini ternyata bisa membuat kita merasa gak ingin menjadi dewasa.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Banyak Orang Gak Senang Jadi Dewasa

2. Menjadi dewasa gak selalu menyenangkan

ilustrasi perempuan yang sedang merenung (freepik.com/freepik)

Dalam transisi menuju kedewasaan, kita mungkin menyadari kalau menjadi dewasa gak seindah yang dibayangkan sewaktu kecil. Di mana kita harus belajar melakukan banyak hal sendirian, mulai dari mengurus diri sendiri, pergi ke dokter, hingga membesarkan anak.

Belum lagi saat kita menyadari menjadi dewasa bisa juga diartikan dengan mengerjakan rutinitas dan pekerjaan yang sama setiap harinya. Padahal menurut Heller dan kawan-kawan (2020), mengeksplorasi banyak pengalaman baru yang bisa dilakukan sewaktu masih muda adalah hal-hal yang bisa membuat kita bahagia. 

3. Takut sendirian

ilustrasi sendirian (pexels.com/Thirdman)

Saat masih kecil, kita terbiasa selalu ditemani orang-orang di sekitar kita, baik orang tua, guru, maupun teman. Namun, berbeda dengan saat kita dewasa, kita semakin sulit bersosialisasi karena pekerjaan yang menumpuk atau tinggal sendirian.

Melansir Very Well Mind, sendirian bisa terasa menakutkan bagi beberapa orang. Kesendirian juga bisa membuat kita merindukan masa-masa kecil di mana kita selalu dipenuhi dengan teman-teman dan orang terdekat. Belum lagi semakin sedikitnya waktu bagi orang dewasa untuk memperluas pertemanan dan menemukan orang baru yang dapat dijadikan teman akrab.

4. Memiliki trauma masa kecil

ilustrasi anak laki-laki yang mengalami trauma (freepik.com/freepik)

Johnson dan Mollborn (2009) berpendapat, bahwa seseorang yang sewaktu kecil mengalami pelecehan, diabaikan, atau memiliki trauma masa kecil lainnya bisa membuat orang tersebut dewasa sebelum waktunya.

Orang dengan masa kecil traumatis akan berupaya untuk mengatasi masa lalunya dengan menerima atau membuat sudut pandang baru tentang orang dewasa dan menjadi dewasa.

Alhasil, orang tersebut akan menganggap bila secara teknis dirinya sudah menjadi dewasa. Trauma ini pun bisa membuatnya merasa menjadi dewasa bukanlah hal yang ditunggu-tunggu.

5. Menganggap penuaan gak menarik

ilustrasi perempuan yang insecure sedang menatap cermin (freepik.com/freepik)

Selama ini tayangan di media sering kali mengarahkan kita untuk berpikir bahwa penuaan bukanlah hal yang menarik. Para selebritas pun berlomba-lomba supaya kerutan di wajah mereka gak terlihat, bahkan gak sedikit yang membagikan tips untuk tampak awet muda di usia yang gak lagi muda.

Memang merawat dan menjaga diri agar tetap tampak sehat bugar di usia tua adalah hal yang baik. Akan tetapi, penuaan pasti tetap akan terjadi pada semua makhluk hidup dan gak bisa dihindari. Daripada takut menjadi dewasa, tentu lebih baik kita menerima bahwa kita juga akan menjadi tua seperti orang lain.

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Bisa Dilakukan Seseorang dengan Pola Pikir Dewasa

Verified Writer

Rastianta Rinandani

Instagram: rastiantar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya