TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Membuat Daftar Tamu Pernikahan Tanpa Ribet

Jadikan orang terdekat sebagai tamu

ilustrasi tamu pernikahan (freepik.com/ user9954133)

Momen pernikahan adalah momen paling berharga dalam hidup. Semua persiapan pasti ingin dilakukan dengan matang, termasuk membuat daftar tamu undangan. Mengumpulkan nama-nama orang terdekat dan tersayang memang menyenangkan, tapi juga bisa sedikit membingungkan. Apalagi kalau daftar tamu undangan semakin panjang. 

Membuat daftar tamu pernikahan gak perlu ribet kok. Dengan beberapa tips sederhana, kamu bisa menyusun daftar tamu undangan yang lengkap dan sesuai dengan keinginanmu. Yuk, simak lima cara membuat daftar tamu pernikahan tanpa ribet berikut ini.

1. Buat kategori tamu

ilustrasi membuat kategori (freepik.com/ freepik)

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah membagi tamu undangan ke dalam beberapa kategori. Misalnya, keluarga inti, keluarga besar, teman dekat, teman kerja, dan kenalan. Dengan mengelompokkan tamu, kamu akan lebih mudah melihat gambaran besar jumlah tamu yang akan diundang.

Setelah membuat kategori, kamu bisa mulai membuat daftar nama tamu secara detail. Tuliskan nama lengkap, alamat, dan nomor telepon masing-masing tamu. Jangan lupa untuk mencantumkan nama pasangan atau anak jika mereka akan ikut hadir.

2. Tentukan prioritas

ilustrasi tentukan prioritas (freepik.com/ freepik)

Setelah memiliki daftar nama tamu, saatnya untuk menentukan prioritas. Siapa saja yang benar-benar ingin kamu undang? Pertimbangkan hubunganmu dengan masing-masing tamu, serta anggaran yang kamu miliki.

Jika jumlah tamu yang ingin kamu undang melebihi kapasitas venue atau anggaran yang sudah ditentukan, kamu bisa membuat beberapa kategori prioritas. Misalnya, tamu undangan utama, tamu undangan tambahan, dan tamu undangan yang bisa diundang jika masih ada sisa tempat.

Baca Juga: 5 Tips Membuat Daftar Undangan ketika Resepsi Hanya Digelar Sekali

3. Libatkan pasangan dan keluarga

ilustrasi melibatkan keluarga (freepik.com/ freepik)

Membuat daftar tamu pernikahan sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan pasangan dan keluarga. Mintalah masukan dari mereka mengenai tamu yang ingin diundang. Dengan melibatkan mereka, kamu bisa mendapatkan perspektif yang berbeda dan memastikan bahwa semua pihak merasa puas dengan daftar tamu yang sudah dibuat.

Selain itu, melibatkan keluarga juga bisa membantu mengurangi konflik yang mungkin timbul karena perbedaan pendapat mengenai tamu undangan. Dengan berdiskusi bersama, kamu dapat menyusun daftar tamu yang seimbang, mencakup kerabat dekat, teman, hingga rekan kerja, sehingga acara terasa lebih hangat dan meriah.

4. Pertimbangkan anggaran

ilustrasi anggaran (freepik.com/ wirestock)

Anggaran adalah salah satu faktor penting yang perlu dipertimbangkan saat membuat daftar tamu. Setiap tamu yang diundang akan menambah biaya pernikahan, mulai dari makanan, minuman, hingga souvenir.

Hitunglah secara detail biaya per tamu dan sesuaikan jumlah tamu undangan dengan anggaran yang kamu miliki. Jangan ragu untuk mengurangi jumlah tamu jika anggaran yang tersedia terbatas.

Writer

Ralinaa

Nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya