TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Lakukan Tips Ini agar Hidupmu Makin Konsisten dalam Menjalani Sesuatu

Hilangkan rasa malasmu dan mulai produktif yuk! 

ilustrasi seseorang sedang fokus belajar (unsplash.com/Bonnie Kittle)

Konsisten merupakan suatu proses yang panjang di mana jika kamu sudah mulai konsisten dalam melakukan sesuatu, kamu tidak perlu berusaha lebih keras lagi untuk melakukan hal tersebut. Namun jika kamu tidak melakukan hal yang sudah kamu tekuni, maka hal itu justru akan terasa aneh.

Memang sangat berat ketika memulainya. Maka dari itu, cobalah dari tahap yang sederhana terlebih dahulu lalu ke tahap yang lebih berat. Jika kamu ingin memulai mengerjakan suatu hal secara konsisten kamu bisa mencoba beberapa tips berikut. Penasaran? Yuk scroll terus ke bawah!

1. Buatlah suatu rencana 

ilustrasi menulis notes (unsplash.com/Marten Bjork)

Mulai buat rencana untuk suatu tujuan yang ingin kamu capai, kamu ingin memiliki tujuan seperti apa, dan apa kebiasaan yang bisa mendekatkanmu ke tujuan tersebut. Semisal kamu ingin lulus ujian di bulan depan, maka mulai buat rencana belajar seperti seminggu lima kali untuk mempelajari materi ujian tersebut dengan durasi dua jam setiap harinya.

Mulai buat sedetail mungkin hingga kamu menemukan sebuah pertanyaan dan tentukan kapan waktu yang tepat untuk bisa mulai melakukan kebiasaan tersebut. Lokasi dan jadwal juga merupakan suatu hal yang perlu kamu perhatikan. Kemudian kegiatan seperti apa yang ingin kamu kemas agar hal tersebut bisa membuatmu menjadi terbiasa.

Baca Juga: 5 Alasan Konsisten Menekuni Suatu Bidang, Bikin Kamu Ahli di Dalamnya

2. Buat catatan kebiasaan dan lakukanlah pemantauan serta evaluasi  

ilustrasi menempelkan notes (unsplash.com/Kelly Sikkema)

Kamu juga bisa memulai untuk membuat suatu catatan dengan terus memantau kegiatanmu secara rutin. Hal ini bisa membantu kamu untuk tetap konsisten dalam melakukan hal tersebut. Kamu bisa mencatat kegiatanmu menggunakan sticky note ataupun dengan mencatatnya di buku harianmu.

Kemudian lakukan evaluasi dari kegiatan yang telah kamu lakukan. Apakah sudah sesuai dengan target jangka pendek kamu atau belum. Apabila belum, kamu bisa lakukan evaluasi menggunakan cara yang lebih efektif untuk mengatasinya.

3. Buatlah secara bertahap 

ilustrasi seseorang sedang menulis (unsplash.com/Thought Catalog)

Melakukan hal secara bertahap merupakan kunci dalam meningkatkan rasa konsisten dalam dirimu. Jangan terlalu ambisius di awal karena hal itu akan membuatmu tidak sehat dan akan menjadikanmu shock hingga malas untuk melanjutkannya.

Membangun suatu rasa konsisten itu tidak semudah membalikkan telapak tangan, maka buatlah secara bertahap. Misalnya kamu mencoba untuk konsisten dalam berolahraga dengan melakukan jogging setiap Senin dan Kamis, maka bulan selanjutnya kamu bisa melakukannya menjadi setiap Senin, Kamis, dan Minggu. Buat hal ini menjadi hal yang lebih sederhana terlebih dahulu lalu tingkatkan menjadi kebiasaan yang lebih sering.

4. Sebisa mungkin hindari rasa malas 

ilustrasi seseorang sedang tidur (unsplash.com/elizabeth lies)

Konsisten merupakan kegiatan untuk melakukan suatu hal terus-menerus. Maka jika tidak ada halangan tapi kamu sulit untuk melakukannya, artinya kamu sedang dilanda rasa malas. Hal ini yang perlu kamu paksakan dan lawan yaitu rasa malas dalam dirimu itu sendiri.

Musuh terbesar kamu sebenarnya adalah dirimu sendiri. Maka dari itu, cobalah untuk bangkit dan lawan rasa malas itu mulai dari hal yang paling sederhana terlebih dahulu seperti membersihkan tempat tidurmu atau sekadar membaca buku.

Baca Juga: Hindari 5 Hal Ini Kalau Kamu Ingin Konsisten Mencapai Tujuan

Verified Writer

Oktavia Isanur Maghfiroh

just do it! // find me @oktaviaa2510

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya