TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Ide DIY Karpet, Cocok untuk Menambah Estetika Ruangan

Ada karpet rajut hingga karpet pom-pom

ilustrasi karpet (unsplash.com/Sina Saadatmand)

Karpet atau permadani tidak hanya berfungsi sebagai alas. Namun, juga menjadi pelengkap interior rumah. Ruangan yang polos bisa terasa lebih hidup dan tidak monoton dengan adanya karpet.

Kamu ingin punya karpet yang anti mainstream untuk menambah estetika ruanganmu? Kalau begitu, bikin karpet ala kamu sendiri bisa menjadi pilihan yang tepat.

Nah, berikut ini ada empat ide DIY karpet yang bisa kamu praktikkan. Yuk, langsung disimak aja!

1. Kreasi karpet rajut

ilustrasi karpet rajut (unsplash.com/Stephanie Harvey)

Kamu punya hobi atau bakat merajut? Pas banget, kamu dapat memanfaatkan skill tersebut untuk membuat karpet dengan desain yang kamu inginkan.

Kamu bisa bikin DIY karpet rajut bentuk hewan, bunga, buah-buahan, atau yang lainnya sesuai keinginanmu. Supaya hasil karpet rajut buatanmu tebal dan hangat, gunakan benang yang tebal dan berdiameter besar.

2. DIY karpet dari baju lama

ilustrasi DIY karpet dari baju lama (unsplash.com/Erik Mclean)

Kamu punya banyak baju lama yang udah gak dipakai? Daripada numpuk di lemari, baju-baju tersebut mending disulap jadi karpet aja.

Pertama, potonglah baju-baju lamamu menjadi kain perca. Bentuk potongannya bebas, bisa lingkaran, kotak, hexagon, atau random aja sesuai keinginanmu.

Selanjutnya, jahitlah potongan-potongan kain tersebut dengan mengombinasikan kain polos dan kain bermotif. Supaya karpet buatanmu lebih tebal, kamu bisa menambahkan lembaran spons hati.

Baca Juga: 7 Ide DIY untuk Mengisi Weekend, Fun Banget!

3. DIY karpet pom-pom

Ilustrasi DIY karpet pom-pom (littleyellowwheelbarrow.com/Laura and Warren)

Kamu suka karpet yang tebal, lembut, dan hangat? Kalau begitu, membuat DIY karpet pom-pom adalah pilihan terbaik. Pertama-tama, kamu harus membuat pom-pom benang. Banyaknya jumlah pom-pom ini bisa disesuaikan dengan ukuran karpet yang akan kamu bikin.

Ukuran pom-pomnya bebas sesuai keinginanmu. Pom-pom yang besar bisa menghasilkan karpet yang lebih tebal. Sementara pom-pom yang kecil akan menghasilkan karpet yang agak tipis.

Kemudian, kamu tinggal merangkai semua pom-pom tersebut menjadi satu pada jaring rajut. Nah, DIY karpet pom-pom yang tebal nan hangat sudah jadi!

Verified Writer

Nurul Fatin Sazanah

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya