TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Unwritten Rules saat WFC: Etika yang Harus Kamu Tahu 

Perhatikan 7 unwritten rules ini saat WFC!

rutinitas di coffee shop (freepik.com/ansiia)

Bekerja dari coffee shop atau work from coffee shop (WFC) kini menjadi gaya hidup baru bagi banyak pekerja terutama saat freelancing atau remote workering. Para pekerja ini bisa menghabiskan waktu berjam-jam di coffee shop untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bahkan tak sedikit yang sengaja mengatur waktu WFC sebagaimana waktu kerja di kantor, misal delapan jam kerja. Jadi rutinitas bekerja dari coffee shop sudah seperti bekerja di kantor sebagaimana wajarnya.

Meskipun WFC terasa santai dan menyenangkan, ada beberapa aturan tidak tertulis atau unwritten rules yang perlu dipatuhi agar tetap nyaman dan tidak mengganggu orang lain. Yuk, simak tujuh aturan penting ini!

Baca Juga: 5 Risiko Negatif Saat Kamu Terapkan Work-Life Balance, Siap?

1. Pesanlah menu selama di coffee shop

aktivitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Selama WFC, pastikan kamu memesan menu, entah minuman atau makanan. Unwritten rules selama WFC ini patut dipahami. Jangan bersikap seperti orang menumpang kerja di WFC, tanpa membuat transaksi sama sekali.

Orang yang WFC biasanya akan berencana duduk lama menghabiskan berjam-jam di sana. Ingat, biar bagaimana pun coffee shop adalah tempat bisnis. Jika kamu hanya memesan satu kopi lalu menempati meja selama berjam-jam bisa dianggap kurang etis.

Cobalah untuk memesan minuman tambahan atau camilan setiap beberapa jam sebagai bentuk dukungan terhadap usaha tersebut. Apalagi selama di coffee shop, kamu dapat menggunakan semua fasilitas memang disediakan untuk digunakan pengunjung.

2. Pilih tempat duduk yang tepat

aktivitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Tidak semua tempat duduk di coffee shop cocok digunakan untuk bekerja. Patuhilah unwritten rules saat di coffee shop terkait penggunaan meja. Jika kamu datang seorang diri, maka pilih saja meja kecil yang tidak memakan banyak tempat.

Hindari menggunakan meja besar atau sofa yang bisa digunakan oleh kelompok lain. Pastikan juga kamu tidak menghalangi jalan atau tempat yang sering dilalui oleh pengunjung dan staf.

3. Jaga volume suara

gambaran di coffee shop (freepik.com/jcomp)

Unwritten rules saat WFC selanjutnya ialah memperhatikan volume suara selama WFC. Ingat baik-baik bahwa coffee shop adalah ruang publik. Jadi kamu tidak bisa seenaknya berbicara dengan volume keras.

Ketika menerima panggilan telepon atau berbicara dengan rekan kerja, usahakanlah untuk menjaga volume suara agar pengunjung lain tidak terganggu. Apabila memungkinkan gunakan earphone atau headset dan berbicara dengan nada rendah. Selain itu, kamu juga bisa keluar sejenak ketika menerima telepon.

4. Batasi penggunaan colokan listrik

kerja dari coffee shop (freepik.com/freepik)

Colokan listrik di coffee shop digunakan sebagai sumber daya bersama. Jika kamu membutuhkan colokan listrik, maka pastikan untuk tetap memberi kesempatan pada pengunjung lain.

Apalagi jika kamu ada di posisi meja yang hanya ada satu colokan listrik. Sementara itu, ada pengunjung lain di meja yang sama dan mereka membutuhkan sumber daya listrik juga.

Jika demikian, maka kamu bisa menggunakan olor yang disediakan coffee shop untuk disambungkan dengan colokan listrik. Jadi orang lain bisa turut menggunakan sumber daya listrik bersama.

Baca Juga: 5 Tips Mengatur Work Life Balance untuk Working Mom, Buat Batasan!

5. Hindari menjadikan meja sebagai meja kantor

aktivitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Coffee shop memang menawarkan suasana yang lebih santai. Kendati demikian, jangan menjadikan meja coffee shop seolah seperti meja kantor pribadi.

Hindari membawa terlalu banyak peralatan atau barang yang akan memakan banyak tempat. Jika kamu membawa terlalu banyak barang, maka meja yang semestinya bisa digunakan bersama-sama, justru tidak bisa digunakan lantaran tidak ada tempat.

Jagalah barang pribadimu agar tetap rapi dan tidak menghalangi pengunjung lain. Jangan biarkan barangmu mengganggu alur kerja barista.

6. Hormati kebijakan coffee shop

aktivitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Setiap coffee shop memiliki berbagai kebijakan yang bisa saja berbeda antara satu tempat dengan tempat lain. Beberapa kebijakan coffee shop, seperti waktu penggunaan Wi-Fi hingga larangan membawa makanan dan minuman dari luar wajib dipatuhi.

Pahami dan taatilah kebijakan coffee shop sebagai bentuk apresiasi dan wujud etika selama WFC. Kalau kamu belum mengetahui kebijakan coffee shop, jangan sungkan bertanya pada staf atau memperhatikan papan pengumuman.

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya