TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Manfaat Window Shopping, Hiburan Seru Tanpa Harus Belanja!

Bisa bantu usir penat

window shopping (freepik.com/freepik)

Sekadar melihat barang-barang di toko tanpa rencana membeli bisa jadi cara unik untuk mengusir penat. Bagi mereka yang terbiasa window shopping, tentu aktivitas ini dinilai sebagai hiburan seru. Apalagi kalau kamu suka berjalan-jalan di pusat perbelanjaan.

Berjalan melihat barang di toko bisa dilakukan tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun. Aktivitas window shopping mampu memberi pengalaman menyenangkan. Selain itu, window shopping memungkinkanmu untuk mendapat inspirasi, mengetahui tren terkini, hingga mendapat suasana baru.

Meskipun terlihat sepele, ternyata window shopping punya berbagai manfaat. Apa saja manfaat window shopping? Simak penjelasan manfaat window shopping yang mungkin belum kamu sadari.

1. Menyegarkan pikiran

window shopping seru (freepik.com/freepik)

Keseharian yang padat besar memunculkan rasa penat dan lelah. Dalam kondisi seperti ini, kamu perlu melalukan aktivitas lain yang tidak berkutat dengan rutinitas.

Nah, window shopping bisa jadi salah satu jawaban. Kamu bisa berjalan-jalan, melihat koleksi barang di pusat perbelanjaan, seperti mal. Barangkali kamu bisa meluangkan waktu saat weekend untuk window shopping. Dengan demikian, perhatianmu akan teralihkan dari rutinitas dan masalah sehari-hari.

Sejenak lupakan rutinitas harianmu dan cobalah untuk lebih santai dengan berjalan-jalan sembari window shopping. Jadikan window shopping sebagai waktu yang tepat untuk rileks dan menikmati momen tanpa tekanan.

2. Sumber inspirasi dan tren terbaru

melihat barang (freepik.com/freepik)

Manfaat window shopping berikutnya ialah kamu bisa update tren terbaru tanpa harus membeli barang. Saat melihat-lihat koleksi di toko, akan muncul inspirasi tertentu dari produk terkini dengan perkembangan tren.

Tak heran jika aktivitas window shopping menjadi salah satu sumber inspirasi untuk memadupadankan atau mix and match pakaian dan berbagai barang lain. Selain menyergarkan pikiran, kamu juga bisa dapat inspirasi tren terbaru. Sambil menyelam minum air bukan?

Baca Juga: 5 Tips Simpel Agar Keuanganmu Selalu Sehat, Kurangi Belanja Impulsif! 

3. Aktivitas sosial yang menyenangkan

melihat-lihat koleksi (freepik.com/freepik)

Window shopping bisa kamu lakukan bersama dengan menyenangkan. Jika kamu tipikal orang yang menyukai pergi bersama, maka kamu bisa melakukan window shopping bersama orang-orang terkasih, entah dengan teman atau keluarga.

Kalaupun kamu lebih suka pergi sendirian, tentu tak menjadi masalah. Kamu masih tetap bisa menikmati pengalaman window shopping dengan konsep ala-ala me time.

Sejatinya window shopping juga bermanfaat dalam hal aktivitas sosial. Saat window shopping bersama, kamu akan saling berinteraksi, berbagi pendapat, atau sekadar tertawa saat melihat hal unik.

Jika kamu melakukan window shopping seorang diri, kamu juga bisa mengamati bagaimana orang-orang saling berinteraksi, bercanda tawa. Setidaknya enegi positif dari orang lain akan memberi pengaruh positif juga pada dirimu.

4. Melatih kemampuan menahan diri

window shopping di mall (freepik.com/freepik)

Diakui atau tidak, saat window shopping sebenarnya kamu sedang melatih kemampuan menahan diri. Manfaat window shopping satu ini bisa diincar asalkan kamu punya komitmen kuat untuk menahan diri dari membeli sesuatu.

Selama window shopping, bisa saja ada barang yang menarik perhatian. Nah, kamu bisa menjadikan hal ini sebagai kesempatan untuk melatih diri. Jangan langsung secara impulsif melakukan pembelian.

Kamu harus mempertimbangkan apakah barang tersebut benar-benar dibutuhkan. Manfaat window shopping terkait menahan diri akan jadi langkah awal mengelola keuangan pribadi dan menghindari pembelian impulsif.

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya