TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Keuntungan Work From Coffee Shop (WFC), Kerja Makin Produktif 

WFC makin produktif

rutinitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Remote working kini menjadi salah satu tren kerja yang diminati kawula muda. Berbagai perusahaan pun menjadikan konsep bekerja secara remote dalam menjalankan aktivitas kerja.

Sejatinya setiap pekerja bisa melaksanakan tugas dan tanggung jawab pekerjaan dari mana pun. Salah satunya dari coffee shop atau lebih dikenal dengan WFC. Kerja dari coffee shop diyakini sebagai opsi menarik lantaran menawarkan nuansa fokus dan tenang layaknya kerja di kantor.

Tentu ada berbagai keuntungan melaksanakan WFC demi menunjang produktivitas kerja. Apa saja lima keuntungan WFC biar makin produktif? Simak selengkapnya!

Baca Juga: 5 Cara Efektif Memotivasi Tim Marketing agar Lebih Produktif

1. Suasana tenang, tingkatkan kreativitas

aktivitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Rutinitas WFC menawarkan suasana berbeda dari kantor pada umumnya. Nuansa tenang khas coffee shop dengan orang-orang yang fokus pada pekerjaannya masing-masing akan membuatmu merasa nyaman bekerja.

Lingkungan kerja yang nyaman menghadirkan kreativitas dan fokus pada pekerjaan. Suasana santai dan tidak formal juga membantu pikiranmu lebih terbuka terhadap ide-ide baru.

Apalagi bagi kamu yang bekerja di bidang kreatif, seperti desain grafis, penulisan, atau pengembangan konten. Tentu nuansa khas coffee shop bisa jadi sumber inspirasi yang tak terduga.

2. Fleksibilitas memilih tempat dan waktu kerja

fasilitas coffee shop (freepik.com/freepik)

Fleksibilitas menjadi salah satu keuntungan besar ketika WFC. Kamu bisa memilih opsi coffee shop sesuai mood atau suasana hatimu.

Apakah kamu mengincar coffee shop dengan suasana tenang supaya fokus atau lebih suka coffee shop yang agak ramai supaya merasa lebih hidup? Pilihan ada di tanganmu.

Waktu kerja yang kamu pilih juga menjadi salah satu fleksibilitas. Kamu bisa datang dan pergi kapan saja saat WFC. Mau mulai bekerja sejak pagi atau sore hari, semua tergantung pertimbanganmu.

3. Berkesempatan membangun jaringan

rutinitas di coffee shop (freepik.com/freepik)

Coffee shop menjadi tempat berkumpulnya berbagai kalangan dengan berbagai latar belakang. Mulai dari sesama pekerja remote, mahasiswa, hingga pebisnis.

Kamu bisa memanfaatkan ini untuk memperluas jaringan. Jangan ragu memulai obrolan dengan orang lain, asalkan tidak mengganggu. Bisa saja kamu bertemu orang baru yang mungkin memiliki minat atau profesi yang sama.

Interaksi dengan pengunjung lain di coffee shop dapat membuka peluang baru, baik kolaborasi proyek, peluang kerja, maupun sekadar berbagi wawasan. Selain itu, bekerja dari coffee shop bisa memberikan energi positif dan memperkaya pengalaman kerja.

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Cegah Burnout saat WFH, Tetap Produktif dan Sehat!

4. Menikmati kenyamanan dan kelezatan kopi favoritmu

diskusi di coffee shop (freepik.com/lookstudio)

Menikmati coffee shop menjadi salah satu kesempatan menyenangkan saat WFC. Kamu bisa bekerja sembari ditemani secangkir kopi favoritmu. Berbagai coffee shop juga tidak hanya menyediakan kopi, tetapi juga camilan lezat.

Kombinasi suasana nyaman dan nikmatnya kopi bisa memotivasi untuk bekerja produktif. Kamu juga bisa bereksperiman dengan berbagai jenis kopi yang ditawarkan oleh berbagai coffee shop, menambah pengalaman, dan produktivitas kerja.

5. Menghindari bosan dengan lingkungan kerja yang variatif

kerja dari coffee shop (freepik.com/freepik)

Rasa bosan, suntuk, dan jenuh menjadi salah satu ancaman besar bagi para pekerja remote. Berada di coffee shop untuk WFC bisa mengindarkanmu dari rasa bosan karena coffee shop memiliki suasana dan karakteristik yang berbeda.

Berbagai variasi lingkungan coffee shop bisa menjaga semangat dan motivasi pekerjaan. Selain itu, WFC akan membantumu mengurangi risiko burnout yang sering dialami oleh pekerja remote saat bekerja sendiri dari rumah.

Bekerja dari coffee shop bisa menjadi pilihan tepat untuk pekerja remote. Kamu tak hanya bisa menikmati kopi dan camilan lezat, tetapi juga meningkatkan produktivitas kerja.

Jadikan pengalaman WFC sebagai kesempatan menyenangkan dan berharga. Salam produktif!

Baca Juga: 5 Alasan Logis Kamu Harus Mengambil Cuti Kerja, Gak Burnout!

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya