TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Tips Belanja Ala Zero Waste, Kurangi Sampah, Bantu Selamatkan Bumi! 

Tips belanja ala zero waste

tas belanja reuseable (freepik.com/freepik)

Zero waste merupakan salah satu gaya hidup yang berfokus pada upaya untuk mengurangi sampah yang dihasilkan hingga mendekati nol. Gaya hidup zero waste dapat diterapkan pada setiap lini kehidupan.

Berbagai langkah kecil dan detail zero waste dapat diupayakan untuk menyemalatkan bumi. Tentunya kontribusi sekecil apa pun akan berdampak pada kebaikan bumi.

Salah satu upaya sederhana zero waste ialah menerapkan prinsip zero waste saat berbelanja. Mulai dari mengurangi penggunaan plastik dan kemasan sekali pakai, hingga memilih produk yang minim penggunaan plastik.

Siapa pun bisa memulai langkah baik zero waste ini, tanpa terkecuali. Bagaimana memulainya? Simak enam tips belanja ala zero waste yang akan membantu selamatkan bumi!

1. Bawa tas belanja sendiri

zero waste (freepik.com/freepik)

Menerapkan zero waste saat berbelanja bisa diawali dengan membawa tas belanja sendiri, baik tas kain, tas jaring, atau jenis tas lain. Tas belanja reusable menjadi item wajib bagi siapa pun yang ingin menerapkan gaya hidup zero waste.

Membawa tas belanja sendiri akan mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai yang sering kali berakhir sebagai sampah yang sulit diurai. Apalagi saat berbelanja, kamu bisa saja membutuhkan lebih dari satu kantong plastik.

Bayangkan jika membawa kantong belanja sendiri, berapa banyak efisiensi penggunaan plastik yang bisa kamu minimalkan. Langkah kecil ini sangat berdampak, bukan?

2. Gunakan wadah reusable untuk produk curah

wadah makanan (freepik.com/freepik)

Tips belanja ala zero waste berikutnya ialah menggunakan wadah reuseable untuk produk curah. Kamu bisa membawa wadah dari rumah untuk berbelanja produk, seperti beras, biji-bijian, atau bumbu dapur di toko yang menyediakan produk curah.

Upaya kecil ini tentunya berdampak karena kamu bisa mengurangi penggunaan kemasan plastik. Jadi sebelum berangkat berbelanja, siapkan wadah atau toples sendiri agar tidak perlu menggunakan plastik atau kantong sekali pakai.

Pastikan juga wadah yang kamu bawa bersih dan kering untuk menjaga kualitas produk yang dibeli. Kamu bisa memasukkan wadah atau toples ke dalam tas belanja supaya mudah dibawa.

Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Memulai Gaya Hidup Zero Waste 

3. Pilih produk dengan kemasan minimal atau tanpa kemasan

belanja ala zero waste (freepik.com/freepik)

Pilihlah produk belanjaan yang dikemas dengan kemasan minimal atau bahkan tanpa kemasan sama sekali. Banyak produk dengan kemasan minimal atau tanpa kemasan yang dapat kamu beli dan tetap terjaga kualitasnya.

Beberapa di antaranya, sayuran, buah-buahan, atau roti yang bisa dibeli tanpa kemasan plastik. Alih-alih membeli sayuran dan buah-buahan dengan kemasan plastik, kamu bisa memilih produk tanpa plastik di toko sayur tradisional.

Memilih produk dengan kemasan minimal bisa menjadi langkah zero waste yang berdampak baik untuk lingkungan. Secara tidak langsung transaksimu pada produk kemasan minimal akan mengurangi pemakaian sampah plastik sulit urai.

Meskipun lebih banyak produk dengan kemasan plastik, setidaknya kamu bisa memaksimalkan upaya zero waste. Langkah kecil ini akan membantu mengurangi sampah plastik.

4. Hindari produk sekali pakai

utamakan zero waste (freepik.com/freepik)

Saat berbeanja, hindarilah produk sekali pakai, seperti sedotan plastik, tisu basah, atau piring plastik. Produk-produk semacam itu akan menambah jumlah sampah sulit urai di lingkungan.

Sebisa mungkin maksimalkan usaha untuk tidak membeli produk sekali pakai sulit urai. Sebagai gantinya, kamu bisa memilih berbagai produk alternatif dengan fungsi yang sama.

Mulai dari sedotan dan sumpit stainless steel, tisu kain yang bisa dicuci ulang, dan sebagainya. Prinsip zero waste juga bisa kamu biasakan dengan membawa peralatan makan sendiri setiap bepergian untuk mengurangi penggunaan produk sekali pakai di restoran atau kafe.

5. Beli dalam jumlah besar

gambaran belanja (freepik.com/freepik)

Membeli produk dalam jumlah yang besar merupakan salah satu tips zero waste. Upaya ini akan membantu mengurangi jumlah kemasan yang digunakan dan tentunya lebih ekonomis.

Selain itu, kamu juga mengurangi sampah karbon di lingkungan lantaran tidak perlu bolak-balik melakukan perjalanan transportasi untuk berbelanja. Produk dalam jumlah besar akan lebih awet digunakan dalam jangka waktu yang lebih panjang daripada produk kecil.

Hindarilah menggunakan produk-produk kecil atau sachet karena semakin menambah banyak sampah untuk lingkungan. Kamu bisa menerapkan tips zero waste satu ini tiap kali belanja.

Verified Writer

Nurul Azizah

Tidak melakukan apa-apa, tidak akan mengubah apa-apa.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya