TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Siapa Penulis The Simpsons? Sosok di Balik Animasi Fenomenal

Penulisnya gak cuman satu orang, lho!

animasi The Simpsons (simpsons.fandom.com)

Intinya Sih...

  • The Simpsons, serial kartun komedi Amerika yang terkenal sejak 1989.
  • Penulis kreatif seperti Matt Groening, Sam Simon, dan James L. Brooks berperan besar dalam menciptakan karakteristik dan cerita khas The Simpsons.
  • Cerita satir The Simpsons mengkritik kehidupan sosial dan budaya Amerika Serikat serta fenomena budaya populer.

Siapa yang gak tahu serial animasi The Simpsons? Sejak debutnya pada 1989 silam, The Simpsons telah berhasil menghadirkan serial yang gak hanya menghibur penonton, tetapi juga menarik untuk diperbincangkan.

Di balik kejenakaan keluarga Simpson yang terkenal, ada seorang penulis yang kreatif dan inovatif yang telah berperan besar dalam membentuk gaya cerita dan karakteristik yang membuat serial ini begitu khas. Lantas, siapa penulis The Simpsons yang tak lekang oleh waktu ini? Yuk, simak jawabannya di bawah!

1. Penulis animasi The Simpsons

serial The Simpsons (simpsons.fandom.com)

The Simpsons merupakan serial kartun komedi yang berasal dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Matt Groening. Sebelum peluncurannya di tahun 1989, program ini pertama kali ditayangkan dalam sebagai potongan dalam acara Tracey Ullman Show pada tahun 1987.

Dalam pembuatan ceritanya, The Simpsons melibatkan banyak penulis berbakat. Tiga penulis atau pencipta awalnya adalah Matt Groening, Sam Simon, dan James L.Brooks. Berikut beberapa daftarnya:

  • Matt Groening: Pendiri sekaligus pencipta karakter-karakter utama seperti Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie Simpson. 
  • Sam Simon: Berperan penting dalam pengembangan karakter dan cerita awal serial The Simpsons.
  • James L. Brooks: Berperan dalam pengawasan kreatif dan pengembangan cerita.
  • Al Jean: Penulis dan produser eksekutif sejak awal 1990 dan menjadi produser eksekutif.
  • John Swartzwelder: Penulis The Simpsons yang punya gaya unik dan berpengaruh.
  • George Meyer: Salah satu penulis utama yang berkontribusi pada banyak episode awal dan mendapat pengakuan karena kontribusinya terhadap humor dan karakterisasi dalam serial ini.
  • David Mirkin: Produser eksekutif dan penulis yang memegang peran penting dalam mengembangkan gaya humor yang tajam dan satir.
  • Mike Scully: Produser eksekutif dan penulis yang terlibat dalam serial ini pada tahun 1990-an dan 2000-an.
  • Matt Selman: Salah satu penulis dan produser eksekutif yang telah berkontribusi pada "The Simpsons" sejak tahun 1997.
  • Dan Greaney, Jon Vitti, Ian Maxtone-Graham, Carolyn Omine, Joel H. Cohen, dan masih banyak lagi penulis lainnya.

Baca Juga: 8 Barang KW The Simpsons, Bentuk dan Namanya Jadi Kocak Semua

2. The Simpsons menceritakan tentang apa?

serial The Simpsons (simpsons.fandom.com)

Alur cerita dalam serial The Simpsons berfokus pada kehidupan keluarga Simpson yang terdiri dari Homer, Marge, Bart, Lisa, dan Maggie yang tinggal di sebuah kota fiktif bernama Springfield. Selain itu, ada lebih dari 300 tokoh lain yang menjadi pendukung dalam alur ceritanya.

Meskipun ini cerita kartun, namun pada kenyataannya cerita yang ditampilkan ditujukan untuk orang dewasa. Tema-tema yang diangkat dalam setiap episodenya beragam dan gak jarang juga membahas isu yang sensitif. Serial ini banyak dikenal karena menampilkan cerita komedi satir yang menyinggung kehidupan sosial di Amerika Serikat pada khususnya.

Melalui karakter dan alur ceritanya, The Simpsons sering mengkritik berbagai fenomena budaya populer, kebijakan pemerintah, media massa, dan banyak lagi. Gak jarang juga dalam alurnya memperdebatkan stereotip sosial dan budaya, baik melalui karakter utama maupun karakter sampingan di Springfield.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya