TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4 Manfaat Air Cengkih untuk Rambut, Bisa Atasi Kutu dan Ketombe!

Kulit kepala dan rambut jadi lebih sehat juga kuat

ilustrasi cengkih (unsplash.com/Jaspreet Kalsi)

Air cengkih dibuat dengan teknik hidrodistilasi sederhana yakni, merebus cengkih ke dalam air panas. Langkah ini membantu memindahkan senyawa bioaktif dari bumbu ke air, sehingga cocok untuk penggunaan terapeutik.

Air cengkih memiliki sifat anti mikroba. Kandungan asam fenolik dan flavonoidnya menjadikannya obat antioksidan kuat dan berkhasiat untuk kesehatan rambut. Berikut adalah beberapa manfaatnya.

1. Merangsang pertumbuhan rambut

ilustrasi perempuan dengan rambut keriting (unsplash.com/ averie woodard)

Manfaat pertama dari air cengkih yang jarang disadari adalah, mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut dan mencegah kerontokan. Sayantani Chatterjee (penulis) dan M. Khawar Nazir (dermatologi kosmetik), melansir Stylecraze, mengungkapkan sebuah penelitian, minyak cengkih dalam emulsi minyak emu telah menunjukkan sifat anti rambut rontok dan merangsang pertumbuhan rambut.

Air cengkih kaya akan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan rambut. Kandungan gallic acid dalam cengkih bisa mengaktifkan gen yang mengatur pertumbuhan rambut. 

Lindsay Curtis, penulis topik kesehatan, melansir Verywell Health, memaparkan, "cengkih mengandung senyawa anti inflamasi seperti eugenol yang meningkatkan aliran darah ke kulit kepala dan merangsang perkembangan dan perbaikan folikel rambut yang rusak untuk mencegah rambut rontok. Lalu, gallic acid  yang dapat mengurangi peradangan kulit kepala dan mendukung pertumbuhan rambut."

2. Mengatasi ketombe dan kutu

ilustrasi melakukan perawatan rambut (pexels.com/Gustavo Fring)

Produksi ragi malassezia berlebih menjadi penyebab utama ketombe. Kemudian, sifat antijamur cengkih bisa memeranginya. Chatterjee mengungkapkan sebuah penelitian yang menunjukan bahwa sifat astringen cengkih dapat mengurangi produksi minyak di kulit kepala, sedangkan sifat anti-inflamasinya dapat mencegah rasa gatal dan iritasi kulit kepala.

Gak berhenti sampai di sana, cengkih juga berkhasiat untuk membunuh kutu rambut. Bahan ini telah digunakan di India selama berabad-abad untuk mengatasi kutu rambut. Berdasarkan penelitian yang dilakukan kepada 51 sukarelawan, formulasi minyak cengkih yang diencerkan dengan minyak bunga matahari berhasil menghilangkan 90 persen kutu dalam waktu 2 jam.

Baca Juga: 5 Langkah Perawatan Rambut Keriting agar Lembut dan Mudah Diatur

3. Mengatasi infeksi dan bau gak sedap pada kulit kepala

ilustrasi keramas (pexels.com/Armin Rimoldi)

Manfaat lain dari cengkih yaitu, bisa mengatasi infeksi dan bau gak sedap dari kulit kepala akibat keringat berlebih, jamur, atau kurangnya kebersihan kulit kepala. Sifat antibaketeri, antijamur, dan antiinflamasi dari cengkih bisa mengatasi kondisi kulit kepala seperti folikulitis dan kurap, ungkap Chatterjee.

"Kemudian, aroma yang dihasilkan dari air cengkih bisa menyegarkan dan membuat kulit kepala terasa bersih dan segar sepanjang hari," tambahnya.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya