TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

6 Ide Lomba 17 Agustus Berkelompok, Melatih Kekompakan Tim!

Lomba yang seru dan berkesan

ilustrasi lomba tarik tambang (unsplash.com/CELVIN ZAKY)

Intinya Sih...

  • Lomba pertama adalah memindahkan tepung dengan piring plastik. Setiap kelompok akan duduk memanjang dengan membawa piring plastik di atas kepalanya.
  • Balap bakiak, lomba yang tak lekang oleh waktu dan identik dengan lomba Agustusan. Tim yang pertama kali mencapai garis finish dengan bakiak tetap di posisi benar, adalah pemenangnya.
  • Adu kecepatan tim menggunakan kardus. Kelompok berjalan di atas kardus hingga garis finish tanpa menyentuh tanah.

Agustus selalu disambut dengan suka cita oleh orang Indonesia karena bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dalam rangka memperingati hari bersejarah ini, ada cukup banyak ide lomba 17 Agustus berkelompok yang seru dan menarik untuk ditiru. 

Menyambut hari Kemerdekaan RI yang tinggal menghitung hari, di bawah ini ada 6 ide lomba menarik untuk kelompok. Yuk, simak dan catat aturan mainnya!

1. Memindahkan tepung

ilustrasi tepung (pexels.com/Tara Winstead)

Lomba pertama adalah memindahkan tepung dengan piring plastik. Permainan ini bisa dilakukan oleh dua orang atau lebih (lebih banyak akan makin seru) dalam satu kelompok. Setiap kelompok nantinya akan duduk memanjang dengan membawa piring plastik di atas kepalanya.

Cara bermainnya adalah orang pertama akan diberi sejumlah tepung yang sudah ditaruh di piring. Dengan posisi membelakangi rekannya, orang tersebut harus memindahkan tepung ke pemain selanjutnya. Sebisa mungkin, tepung tersebut jangan sampai tumpah.

Kemudian, pemain selanjutnya melakukan hal serupa hingga ke pemain terakhir. Pemenang ditentukan dari berat tepung yang tersisa di tiap kelompok.

2. Balap bakiak

ilustrasi lomba bakiak (unsplash.com/Alfian Dimas)

Balap bakiak jadi salah satu lomba yang tak lekang oleh waktu dan identik dengan lomba Agustusan. Selain seru, cara bermainnya pun cukup sederhana. Tim yang terdiri dari dua orang atau lebih, akan memakai bakiak dan adu cepat dengan tim lainnya.

Tim yang pertama kali mencapai garis finish dengan bakiak tetap di posisi benar, adalah pemenangnya. Lomba ini melatih koordinasi, kecepatan, dan keseimbangan yang baik antar anggota tim.

3. Jalan di atas kardus

ilustrasi remaja dan anak laki-laki (unsplash.com/Alfian Dimas)

Hampir mirip dengan lomba sebelumnya, kali ini adu kecepatan tim menggunakan kardus. Permainan ini bisa dijalankan oleh dua orang atau lebih dalam satu kelompok. Misalnya, satu kelompok terdiri dari dua orang, nantinya panitia akan memberikan tiga kardus kepada tiap tim.

Cara bermainnya adalah dari garis start, kelompok berjalan di atas kardus hingga garis finish. Tiap kelompok bebas menggunakan teknik apa saja, asalkan mereka bisa mencapai finish  dengan bantuan alas kardus yang diberikan dan jangan menyentuh tanah.

Baca Juga: 5 Contoh Pengumuman Lomba 17 Agustus 2024

4. Estafet bola pingpong dengan sendok

ilustrasi bola ping pong (unsplash.com/Jason Leung)

Ide lomba Agustus berkelompok yang unik selanjutnya adalah memindahkan bola pingpong menggunakan sendok. Permainannya, setiap anggota kelompok akan diberi sendok yang harus mereka gigit.

Tugasnya adalah memindahkan bola ping pong secara estafet hingga garis finish tanpa bantuan tangan. Tiap pemain harus menggunakan sendok yang tergigit , lalu memindahkannya kepada sendok pemain selanjutnya hingga mencapai finish.

5. Tebak gaya

ilustrasi anak marah (pexels.com/mohamed abdelghaffar)

Gak hanya seru, permainan ini mungkin akan mengundang tawa banyak orang yang melihatnya. Dalam permainan tebak gaya, anggota kelompok akan diarahkan untuk berbaris dan membelakangi panitia atau wasit.

Pemain 1 akan diberi sebuah kalimat oleh panitia yang harus ia peragakan ke pemain 2. Lalu, pemain 2 akan kembali memperagakan gerakan yang dilakukan pemain 1 ke pemain 3 dan begitu seterusnya.

Nantinya, pemain terakhir akan diminta untuk menjawab kira-kira kalimat apa yang dimaksud dari gerakan-gerakan tersebut. Kelompok dengan tebakan benar terbanyak adalah pemenangnya.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya