TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Logo Hari Pramuka 2024: Tema dan Link Download

Seluruh Kwartir wajib menggunakannya

Tema dan Logo Hari Pramuka 2024 (pramuka.or.id)

Tanggal 14 Agustus diperingati sebagai lahirnya Gerakan Pramuka Indonesia atau disebut juga dengan Hari Pramuka. Dalam rangka menyambut momen bersejarah tersebut, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan pramuka merilis tema dan logo Hari Pramuka 2024 yang saat ini memasuki tahun ke-63.

Di bawah ini merupakan pemaparan lebih lanjut mengenai tema dan logo pada peringatan Hari Pramuka tahun ini, lengkap dengan link download-nya. Yuk, simak sampai habis!

1. Tema Hari Pramuka 2024

ilustrasi upacara Hari Pramuka (unsplash.com/septian akbar)

Berdasarkan Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor 104 Tahun 2024 tentang Tema dan Logo 63 Tahun Gerakan Pramuka. Tema Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024 adalah “Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI”.

Dalam surat tersebut juga terlampir logo yang hendak digunakan pada peringatan tahun ini. Kwarnas mewajibkan seluruh kwartir daerah untuk mensosialisasikan serta mempergunakan logo dan tema tersebut ke seluruh anggota juga pemangku kepentingan Gerakan Pramuka di Kwartir Daerah, Cabang, Ranting, Gugus Depan, Satuan Karya Pramuka, Satuan Komunitas pramuka di seluruh rangkaian kegiatan Hari Pramuka ke-63 Tahun 2024.

Baca Juga: 14 Agustus Hari Pramuka: Sejarah, Arti Lambang, dan Seragam

2. Logo Hari Pramuka 2024

ilustrasi pelajar menggunakan baju pramuka (unsplash.com/Mufid Majnun)

Kemudian, untuk logonya terdapat beberapa unsur yang dimuat. Selain ada lambang tunas kelapa sebagai ciri dari Pramuka, ada juga logo 63 yang merupakan angka ulang tahun Gerakan Pramuka di tahun 2024 ini.

Gak sekadar tulisan 63, pada logo ini desain angka "6" terinspirasi dari kelopak tunas dan angka "3" yang menopang logogram hingga menjadi satu kesatuan yang kokoh. Lalu, di bagian bawah logo tertulis tema peringatan Hari Pramuka 2024 yakni, 'Pramuka Berjiwa Pancasila Menjaga NKRI'.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya