TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Biografi Noriko Ohara, Pengisi Suara Nobita di Animasi Doraemon

Sosok di balik karakter Nobita yang terkenal

karakter Nobita dan Noriko Ohara (doraemon.fandom.com/ | imdb.com/name)

Intinya Sih...

  • Nobita, karakter dalam Doraemon, diisi suaranya oleh perempuan asal Jepang, Noriko Ohara sejak 1979.
  • Noriko Ohara belajar otodidak dan memiliki putra yang menjadi animator dan sutradara animasi Jepang.
  • Selain Nobita, Noriko juga mengisi suara untuk berbagai karakter animasi lainnya dan meraih berbagai penghargaan di Jepang.

Siapa yang gak kenal Nobita? Salah satu karakter dalam animasi Doraemon ini pernah menemani masa kecil banyak orang. Nobita, anak laki-laki yang digambarkan sebagai anak ceroboh dan selalu bergantung pada Doraemon.

Meskipun Nobita berjenis kelamin laki-laki, tapi tahukah kamu bahwa suaranya ternyata diisi oleh seorang perempuan, lho! Ia adalah Noriko Ohara, Perempuan asal Jepang yang menjadi dubber (pengisi suara) Nobita sejak 1979.

1. Profil Noriko Ohara

Noriko Ohara (imdb.com/name)

Noriko Tobe atau Noriko Ohara (2 Oktober 1935 - 12 Juli 2024) adalah seorang pengisi suara atau dubber asal Jepang. Ia memiliki putra bernama Atsuo Tubo yang berprofesi sebagai animator sekaligus sutradara animasi Jepang.

Dikena sebagai dubber Nobita selama puluhan tahun, Noriko Ohara mempelajari bakatnya itu secara otodidak. Noriko kecil sering mendengar cerita-cerita dongeng dari kedua orang tuanya dan itu jadi salah satu yang menginspirasi kariernya sebagai seorang pengisi suara banyak animasi di Jepang dan serial film luar negeri.

Baca Juga: 5 Karakter yang Diisi Suara oleh Noriko Ohara Selain Nobita

2. Perjalanan karier

animasi Doraemon (doraemon.fandom.com/)

Sebelum menjadi dubber Nobita, Noriko Ohara awalnya adalah seorang aktris cilik pada salah satu program anak-anak di saluran Jepang NHK dan produksi panggung hingga memasuki usia sekolah menengah. Saat itu, ia bermimpi menjadi aktris seperti June Allyson yang memerankan tokoh Jo March.

Ia memulai karier dubber-nya untuk perusahaan teater anak-anak, pertunjukan boneka, serta drama saat usianya memasuki dewasa. Noriko juga bekerja dalam perusahaan pembuatan film drama televisi asing di Amerika Serikat juga Perancis.

Saat baru bergabung jadi salah satu dubber dalam animasi Doraemon, Noriko gak langsung menjadi pengisi suara Nobita, melainkan ibu Nobita pada 1973. Dia baru jadi pengisi suara Nobita pada 1979 hingga 2005. Selama kariernya jadi pengisi suara di animasi Doraemon, Noriko juga terlibat dalam pembuatan lebih dari 60 film waralaba Doraemon.

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya