TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Jadi Salah Satu Momen Bersejarah, 1 Oktober Hari Apa?

Memperingati hari Kesaktian Pancasila

ilustrasi kalender (pexels.com/Leeloo The First)

1 Oktober jadi salah satu momen bersejarah untuk rakyat Indonesia. Sejak tahun 1966, setiap tahunnya, di tanggal ini diperingati sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini berbeda dengan Hari Lahir Pancasila yang selalu diperingati setiap tanggal 1 Juni.

Lantas, apakah faktor yang membedakannya dan apakah di tanggal 1 Oktober termasuk hari libur nasional? Cari tahu jawabannya di bawah, yuk!

1. 1 Oktober memperingati hari apa?

ilustrasi pelajar SD (unsplash.com/Syahrul Alamsyah Wahid)

1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Peringatan ini telah tertuang dalam Surat Keputusan Menteri/Panglima Angkatan Darat tanggal 17 September 1966 (Kep 977/9/1966) tentang Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Peringatan Hari Kesaktian pancasila ini merupakan momen untuk mengenang gugurnya pahlawan revolusi dalam Gerakan 30 September (G30S) pada tahun 1966. Gak hanya itu, peringatan ini juga sebagai pengingat untuk masyarakat tentang ideologi Pancasila yang gak bisa digantikan oleh paham apa pun.

Baca Juga: Susunan Upacara Hari Kesaktian Pancasila 2024 dan Pedoman Pelaksanaan

2. 1 Oktober 2024 libur atau tidak?

ilustrasi pelajar SMA (pexels.com/Wasio Kadir)

Berdasarkan SKB 3 Menteri tentang Libur Nasional dan Cuti Bersama 2024, 1 Oktober 2024 tidak termasuk tanggal merah. Maka dari itu, Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2024 bukan termasuk hari libur nasional.

Pada hari tersebut pun gak ada cuti bersama. Sehingga, masyarakat bisa beraktivitas seperti kerja dan sekolah seperti biasa sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Mungkin beberapa Instansi akan mengadakan acara khusus untuk peringatan momen bersejarah ini.

3. Perbedaan Hari Kesaktian Pancasila dan Hari Lahir Pancasila

ilustrasi pelajar SMA (unsplash.com/Ed Us)

Setiap tahunnya, bangsa Indonesia memperingati dua peringatan nasional terkait Pancasila. Pertama, pada tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, kemudian 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila. Keduanya memiliki makna dan sejarah yang berbeda.

Hari Lahir Pancasila memiliki sejarah yang berkaitan dengan momen perumusan Pancasila sebagai dasar negara dalam sidang BPUPKI. Sementara Hari Kesaktian Pancasila berkaitan dengan G30SPKI, di mana pada tanggal ini memperingati Gerakan 30 September oleh PKI. Ini adalah tahun ke-59 sejak peristiwa tersebut terjadi.

Demikianlah penjelasan seputar tanggal 1 Oktober hari apa? Semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasanmu, ya!

Baca Juga: Hari Kesaktian Pancasila Apakah Libur? Simak Jawabannya di Sini!

Verified Writer

Nurkorida Aeni

Hai

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya