TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Menerapkan Prinsip Kaizen untuk Lebih Produktif

Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit

ilustrasi orang produktif (pexels.com/cottonbro studio)

Kaizen merupakan filosofi hidup dari negara Jepang yang terkenal dengan kedisiplinan dan produktivitas masyarakatnya. Keizen berasal dari dua kata, yakni Kei yang artinya berubah dan Zen yang artinya kebijaksanaan atau kebaikan. Jika digabungkan, maka Keizen berarti perubahan positif yang disertai dengan kebijaksanaan.

Prinsip hidup ini mengandalkan kekonsistenan dalam melakukan aktivitas atau perilaku positif meski hanya hal-hal kecil, dibandingkan melakukan hal besar namun tidak menjadi rutinitas setiap waktu. Untuk memahami prinsip Keizen dengan lebih mendalam, yuk kita simak poin-poin di bawah ini!

Baca Juga: 5 Prinsip Gaya Hidup Sederhana yang Patut Dipatuhi

1. Konsisten

ilustrasi orang produktif (pexels.com/cottonbro studio)

Prinsip ini menekankan kekonsistenan untuk melakukan sebuah perubahan positif secara teratur. Jadi, kamu diminta untuk mampu secara terus menerus menerapkan perubahan positif dalam hidupmu, diawali dengan hal-hal sederhana terlebih dahulu sampai menjadi sebuah rutinitas atau kebiasaan yang bermanfaat.

Ketika hal ini bisa kamu lakukan, maka perubahan-perubahan itu akan memberikan dampak besar yang mungkin tidak akan kamu sangka sebelumnya. Jadi, yuk coba menjadi lebih konsisten!

2. Menerapkan satu menit setiap hari di waktu yang sama

Ilustrasi produktif (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Relevan dengan poin sebelumnya, prinsip ini mengajak kita untuk memahami bahwa perubahan yang perlu dilakukan tidak harus berupa perubahan besar, tapi dapat diawali dari perubahan kecil terlebih dahulu, seperti membaca buku setiap hari, bangun tidur tepat waktu, membersihkan kamar sebelum bekerja, dan sebagainya.

Untuk menerapkan prinsip ini, kamu boleh berlatih dengan konsep "satu menit setiap hari di waktu yang sama". Artinya, kamu memberikan satu menitmu untuk melakukan aktivitas bermanfaat, misalnya belajar bahasa asing, setiap hari dengan waktu yang sama.

Hal tersebut perlu kamu lakukan secara konsisten setiap hari sampai menjadi sebuah rutinitas atau kebiasaan. Dengan demikian, kamu juga bisa melawan rasa malas secara perlahan, lho!

Baca Juga: 5 Prinsip Hidup yang Menguatkan di Tengah Tantangan

3. Sedikit demi sedikit

ilustrasi orang produktif (pexels.com/Min An)
"One step at a time, not all at once."

Kamu pasti sudah sangat familiar dengan quotes di atas, bukan? Nah, cara kerja prinsip Kaizen juga kurang lebih sama dengan quotes di atas. Perubahan-perubahan kecil bila dilakukan secara sabar dan konsisten akan memberikan sebuah manfaat besar yang tidak akan kita sadari, misalnya kamu menjadi lebih rajin, lebih sabar, lebih teratur, dan lain sebagainya.

Hal ini berbeda ketika kita melakukan sebuah perubahan besar dalam satu kali saja lalu berhenti dan terlena. Manfaat yang akan diperoleh tidak akan sebesar manfaat yang diperoleh ketika kamu bisa secara konsisten melakukan sebuah perubahan positif. Kalo gak percaya, coba aja sendiri!

4. Bertanggung jawab

ilustrasi orang produktif (pexels.com/Canva Studio)

Karena menekankan pada kekonsistenan dalam melakukan suatu perubahan positif, maka secara tidak sadar kamu juga akan dilatih untuk menjadi pribadi yang bertanggung jawab. Kamu dilatih untuk mampu menaati aturan atau prinsip yang sudah kamu tetapkan demi hidup yang lebih produktif.

Dengan kamu menyadari sedang melakukan tanggung jawab diri, kamu jadi lebih bertanggung jawab terhadap apa yang seharusnya kamu lakukan. Kamu jadi punya mindset bahwa apa yang kamu lakukan adalah demi kebaikan dirimu sendiri.

Baca Juga: 5 Cara Mempertahankan Prinsip Hidup yang Dianut, Harus Tegas!

Verified Writer

Nur Tazkiyah Sejati

rarely found someone who wants to listen carefully, so i write to release what is inside my mind

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya