TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Makanan yang Bisa Membantu Mengurangi Bau Ketiak, Murah Meriah!

Mulai dari buah hingga teh hijau

ilustrasi buah dan sayur (pexels.com/janetrangdoan)

Memiliki masalah seputar bau terutama bau ketiak sering kali sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman. Meskipun banyak faktor yang berkontribusi terhadap bau ketiak, salah satu yang sering diabaikan adalah peran dari pola makan sehari-hari. Gaya hidup dan asupan makanan bisa sangat berpengaruh terhadap produksi keringat.

Kabar baiknya, beberapa makanan tertentu dapat membantu tubuh mengeluarkan bau yang lebih segar dan bahkan mengurangi intensitas bau ketiak. Berikut ini merupakan lima bahan makanan yang mudah kamu temukan di dapur, tapi efektif untuk menghilangkan bau ketiak secara alami. Simak apa saja bahannya sebagai berikut!

1. Sayuran hijau

ilustrasi sayuran hijau (unsplash.com/miarussostern)

Pertama, ada sayuran hijau seperti bayam, kale, dan selada yang kaya akan klorofil. Klorofil dikenal karena kemampuannya untuk mengurangi bau badan, termasuk bau ketiak. Sayuran hijau tinggi akan serat, yang membantu sistem pencernaan berfungsi dengan baik dan membuang racun yang dapat menyebabkan bau badan.

Klorofil membantu mengurangi bau dengan cara menetralkan senyawa-senyawa penyebab bau yang diproduksi oleh tubuh. Memasukkan sayuran hijau dalam menu harian tidak hanya baik untuk kesehatan secara umum, tetapi juga efektif dalam menjaga tubuh tetap segar.

2. Lemon

ilustrasi minuman mengandung lemon (unsplash.com/dominikmartin)

Lemon terkenal dengan sifat detoksifikasinya dan sering digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi bau badan. Kandungan vitamin C yang tinggi serta sifat asam dari lemon membantu mengurangi pertumbuhan bakteri di tubuh, yang sering menjadi penyebab bau ketiak. Mengonsumsi lemon secara teratur bisa membantu mengurangi bau ketiak.

Keasaman dari lemon membuat lingkungan yang tidak kondusif bagi bakteri untuk berkembang biak. Selain itu, lemon juga membantu dalam menjaga pH kulit, sehingga kulit tetap sehat dan bebas dari bau yang tidak sedap.

Baca Juga: 5 Mitos tentang Bau Ketiak yang Harus Kamu Ketahui, Sudah Tahu?

3. Jahe

ilustrasi jahe dan lemon (pexels.com/Nataliya Vaitkevich)

Jahe adalah rempah yang tidak hanya memberikan rasa pedas yang hangat dalam masakan, tetapi juga memiliki sifat detoksifikasi yang kuat. Mengonsumsi jahe secara teratur, baik dalam bentuk teh atau sebagai bumbu dalam masakan, dapat membantu membersihkan sistem pencernaan dan mengurangi bau badan.

Jahe juga membantu meningkatkan sirkulasi darah, yang dapat membantu mengeluarkan racun dari tubuh dengan lebih efisien. Jahe meningkatkan pencernaan dan membantu dalam pembuangan racun dari tubuh, sehingga mengurangi bau badan, termasuk bau ketiak. Dengan sirkulasi darah yang lebih baik, tubuh lebih efisien dalam mengeluarkan zat-zat yang dapat menyebabkan bau.

4. Yogurt

ilustrasi yogurt (unsplash.com/jainath)

Yogurt mengandung probiotik yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan dan keseimbangan bakteri baik dalam tubuh. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus sering kali berkontribusi terhadap bau badan. Mengonsumsi yogurt dapat membantu meningkatkan jumlah bakteri baik, yang pada gilirannya dapat mengurangi bau yang dihasilkan oleh tubuh.

Probiotik dalam yogurt juga membantu menyeimbangkan mikroflora dalam usus, yang sangat penting dalam mengurangi produksi gas dan racun yang menyebabkan bau badan. Dengan pencernaan yang lebih baik, tubuh akan mengeluarkan bau yang lebih segar.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya