TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebaikan dari Menunda Pernikahan yang Patut Kamu Pertimbangkan

Gak perlu terburu-buru!

ilustrasi pasangan (pexels.com/Anastasiya Lobanovskaya)

Tujuan akhir dari menjalani sebuah hubungan adalah sebuah pernikahan. Pernikahan adalah keputusan besar dalam hidup yang memerlukan pertimbangan matang. Ada banyak orang merasa perlu untuk menikah secepatnya, tapi ada juga yang memilih untuk menunda pernikahan.

Menunda pernikahan bukan berarti menghindari komitmen, melainkan memberi waktu untuk mempersiapkan diri lebih baik secara emosional, finansial, dan juga mental. Berikut adalah lima kebaikan dari menunda pernikahan yang patut kamu pertimbangkan!

1. Tercapainya kestabilan keuangan

ilustrasi menabung (unsplash.com/towfiqu999999)

Salah satu kebaikan dari menunda pernikahan adalah memiliki lebih banyak waktu untuk mempersiapkan keuangan yang stabil. Mapan secara finansial sangat penting dalam pernikahan karena dapat mengurangi stres dan konflik yang sering muncul dari semua permasalahan ekonomi rumah tangga.

Dengan menunda pernikahan, kamu bisa fokus menabung, melunasi utang, atau bahkan berinvestasi untuk masa depan. Banyak pasangan mengalami konflik karena masalah keuangan. Dengan menunda pernikahan, kamu memberi diri sendiri waktu untuk membangun dasar keuangan yang kuat.  

2. Kematangan emosional diri meningkat

ilustrasi mencintai diri sendiri (unsplash.com/jacksondavid)

Kedua, menunda pernikahan juga memberikan kesempatan pada dirimu untuk lebih matang secara emosional. Pernikahan memerlukan kematangan emosional yang tidak hanya melibatkan kemampuan untuk memahami dan mengelola perasaan diri sendiri, tapi juga perasaan pasangan.

Dengan menunda pernikahan, kamu bisa lebih fokus pada pengembangan diri dan memahami apa yang kamu inginkan dalam hubungan. Pasangan yang matang secara emosional cenderung lebih mampu menghadapi dan menyelesaikan konflik dengan cara yang sehat. Selain itu, kematangan emosional juga dapat membangun fondasi hubungan yang lebih kuat.

Baca Juga: 5 Kondisi yang Membuat Cowok Terpaksa Menunda Pernikahan Mereka

3. Tercapainya tujuan karier dan kemampuan diri

ilustrasi pria sukses (unsplash.com/brucemars)

Waktu yang dihabiskan untuk menunda pernikahan dapat kamu manfaatkan untuk fokus pada pengembangan karier dan diri. Karier yang stabil dan memuaskan dapat memberikan rasa percaya diri, yang pada akhirnya berdampak positif pada hubungan pernikahan di masa depan.

Selain itu, waktu ini bisa digunakan untuk mengejar pendidikan lanjutan atau memperdalam keterampilan tertentu. Hal ini dapat memberikan kepuasan pribadi yang berkontribusi pada kebahagiaan dalam pernikahan dan menjadikanmu lebih mandiri dalam banyak aspek kehidupan.

4. Lebih banyak waktu untuk mengenal pasangan dan keluarganya

ilustrasi sebuah keluarga (unsplash.com/kevindelvecchio)

Selanjutnya, kebaikan dari menunda pernikahan akan memberikanmu lebih banyak waktu untuk benar-benar mengenal pasangan dan juga keluarganya. Hal ini penting karena pernikahan bukan hanya tentang cinta, tetapi juga tentang kesesuaian nilai, tujuan hidup, dan harapan di masa depan.

Dengan menunda untuk menikah, kamu bisa memastikan bahwa kamu dan pasangan benar-benar siap untuk berkomitmen seumur hidup. Kamu juga akan mengenal pasangan lebih baik, dan mengurangi risiko kekecewaan yang mungkin muncul jika kamu terlalu cepat memutuskan untuk menikah.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya