TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Cara Mengambil Keputusan Bijaksana dalam Situasi Sulit

Harus dipertimbangkan dengan matang

ilustrasi bekerja di atas sofa (pexels.com/wildlittlethingsphoto)

Setiap orang pasti pernah menghadapi situasi yang sulit, dan berada di situasi ini terkadang mengharuskan kita untuk cepat dalam menentukan sikap. Mengambil keputusan dalam situasi sulit adalah tantangan yang dihadapi oleh banyak orang dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, mengambil keputusan yang bijaksana tidaklah mudah, terlebih dalam situasi ini. Faktanya, keputusan ini dapat membantu mengarahkan hidup kamu ke arah yang positif. Sementara jika salah mengambil keputusan dapat membawa konsekuensi yang tidak diinginkan. Berikut adalah lima cara untuk mengambil keputusan yang bijaksana!

1. Penting untuk mengumpulkan informasi sebanyak mungkin

ilustrasi wanita membaca buku (unsplash.com/umarben)

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan informasi yang relevan sebanyak-banyaknya. Tanpa informasi yang cukup, kamu berkemungkinan untuk membuat keputusan yang tidak berdasarkan fakta. Hal ini bisa menjadi bumerang untuk diri sendiri jika kamu salah mengambil keputusan.

Itulah sebabnya kamu harus meluangkan waktu sebanyak mungkin untuk mencari tahu tentang masalah yang dihadapi. Informasi itu bisa didapat dari membaca artikel, bertanya pada orang lain, atau dari sumber informasi lainnya. Jangan ragu pula untuk meminta saran dari orang-orang yang memiliki pengalaman yang mungkin sama denganmu.

2. Pertimbangkan konsekuensi untuk jangka panjang

ilustrasi berpikir (pexels.com/olly)

Saat mengambil keputusan di masa yang sulit, sebaiknya pikirkan konsekuensi jangka panjangnya pula. Meskipun akan ada banyak pertimbangan dan mungkin pengorbanan yang dilakukan, tapi pastikan bahwa kamu tak hanya fokus pada hasil di saat itu saja.

Kamu bisa membuat daftar potensi risiko dan manfaat dari setiap opsi keputusan yang ada. Pertimbangkan bagaimana masing-masing opsi ini akan berpengaruh dalam jangka panjang. Selain mempertimbangkan dampak pada diri sendiri, pikirkan juga bagaimana keputusan itu akan memengaruhi orang lain.

Baca Juga: 5 Tips untuk Mengatasi Ketakutan dalam Mengambil Keputusan Besar

3. Selalu dengarkan intuisi dan perasaan sendiri

ilustrasi sebuah meja (unsplash.com/screenpost)

Sebelum memutuskan, meskipun mengumpulkan fakta dan data itu penting, tapi jangan abaikan juga intuisi dan perasaanmu. Terkadang, intuisi bisa memberikan petunjuk yang berharga yang tidak selalu dapat dijelaskan dengan logika. Jika kamu merasa keputusan itu terasa tidak benar, percayalah pada perasaan tersebut.

Intuisi biasanya terbentuk dari pengalaman dan pengetahuan yang telah dikumpulkan sepanjang hidup. Meskipun penting untuk mendengarkan perasaan, pastikan bahwa emosi tidak menguasai keputusanmu. Cobalah untuk menemukan keseimbangan antara logika dan intuisi.

4. Jangan bersikap terburu-buru

ilustrasi menandatangi dokumen (unsplash.com/romaindancre)

Mengambil keputusan yang bijaksana memerlukan lebih banyak waktu dan pertimbangan. Jangan terburu-buru dalam membuat keputusan, terutama jika situasinya sangat kompleks. Jika memungkinkan, berikan dirimu waktu untuk berpikir sebelum membuat keputusan.

Ini akan memberikanmu kesempatan untuk mempertimbangkan semua opsi dengan tenang. Jangan biarkan tekanan dari orang lain memaksa kamu untuk membuat keputusan sebelum dirimu siap. Ingatlah bahwa keputusan tersebut adalah milikmu dan kamu yang akan menanggung konsekuensinya.

Verified Writer

It's Me, Sire

A dusk chaser who loves to shout in the silence

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya