TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Doa Menghilangkan Pikiran Kotor, Bisa Dibaca Kapan pun!

Bisa menjaga diri dari keburukan hawa nafsu

ilustrasi membaca doa (pexels.com/Thirdman)

Memiliki pikiran yang kotor memang bisa datang kapan saja tanpa memandang situasi dan kondisi. Padahal, sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk menjaga pikiran dari hal-hal yang kotor dan kurang baik. Pikiran kotor memang kerap datang secara tiba-tiba.

Walau begitu, kita bisa memanjatkan doa untuk mencegah segala pikiran kotor. Doa-doa ini bisa dilafalkan kapan saja. Jadi, ketika pikiran kotor tiba-tiba datang, kamu bisa langsung melafalkannya. Yuk, simak doa menghilangkan pikiran kotor di bawah ini! 

1. Doa agar terlindung dari keburukan akhlak dan hawa nafsu

ilustrasi membaca doa (pexels.com/Alena Darmel)

Diriwayatkan dalam hadis Ziyad bin ‘Illaqah dari pamannya, Quthbah bin Malik, berikut adalah doa yang dilafalkan Nabi Muhammad SAW untuk menjaga diri dari keburukan hawa nafsu.

"Allohumma Inni A’udzu Bika Min Munkarootil Akhlaaqi Wal A’maali Wal Ahwaa."

Artinya: Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari akhlak, amal, dan hawa nafsu yang jelek.

Selain itu, ada juga doa untuk memiliki jiwa yang suci dan dijauhkan dari segala hal negatif. Doa ini diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW yang tertulis dalam hadis Imam Muslim.

"Allaahumma aati nafsii taqwaahaa wazakkihaa, anta khairu man zakkaahaa, anta waliyyuhaa wa maulaahaa."

Artinya: Ya Allah, anugerahkanlah kepadaku ketakwaaan jiwa, dan sucikanlah ia karena Engkau-lah sebaik-baik Rabb yang menyucikannya, Engkau Pelindung dan Pemeliharanya.

2. Doa untuk memohon perlindungan dari kejahatan dan godaan setan

Ilustrasi berdoa. (Pexels.com/RDNE Stock project)

Pikiran kotor juga bisa saja datang dari diri sendiri atau bahkan godaan setan. Itulah kenapa, penting juga untuk melafalkan doa memohon perlindungan dari godaan setan dan kejahatannya.

"Allahumma ‘aalimal ghoybi wasy-syahaadah faathiros samaawaati wal ardh. Robba kulli syai-in wa maliikah. Asyhadu alla ilaha illa anta. A’udzu bika min syarri nafsii wa min syarrisy-syaythooni wa syirkihi."

Artinya: Ya Allah, Yang Maha Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, wahai Rabb pencipta langit dan bumi, Rabb segala sesuatu dan yang merajainya. Aku bersaksi bahwa tidak ada ilah yang berhak disembah dengan benar kecuali Engkau. Aku berlindung kepada-Mu dari kejahatan diriku, setan dan balatentaranya.

Baca Juga: Urutan Doa Ziarah Kubur, Lengkap dengan Artinya!

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya