TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Langkah Sederhana Mengembangkan Critical Thinking, Apa saja?

Yuk, pelajari cara mengembangkan critical thinking

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Critical thinking bisa diartikan sebagai berpikir untuk mencari suatu kebenaran terhadap informasi yang diterima atau dalam menyelesaikan masalah. Sederhananya, critical thinking merupakan kemampuan berpikir dengan rasional.

Orang dengan critical thinking bisa melihat suatu permasalahan secara objektif. Sehingga, hasil yang akan diperoleh tidak bias dan sesuai dengan kenyataan yang ada. Yuk, simak lima langkah sederhana untuk berpikir kritis!

1. Mengasah keterampilan analisis dan evaluasi

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/fauxels)

Keterampilan analisis dan evaluasi adalah kemampuan untuk menganalisis informasi atau data, kemudian mengevaluasi atau menilai secara kritis untuk menghasilkan kesimpulan yang akurat dan logis. Berpikir kritis adalah proses yang membantu seseorang mengembangkan keterampilan analisis dan evaluasi. Hal itu dilakukan dengan cara mempertanyakan lingkungan sekitar, mengidentifikasi argumen yang kuat dan lemah, serta mengevaluasi bukti-bukti yang tersedia.

Berlatih berpikir kritis dimulai dari menemukan masalah dan mencari solusi yang tepat untuk permasalah itu. Berlatih untuk memberikan solusi melalui analisis dan evaluasi.

Baca Juga: 6 Tips Parenting Kembangkan Critical Thinking pada Anak Remaja

2. Meningkatkan kemampuan berpikir logis

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Berlatih berpikir kritis juga meningkatkan kemampuan untuk berpikir logis. Kemampuan untuk mengambil kesimpulan atau membuat keputusan berdasarkan penalaran yang rasional dan sistematis akan terlatih. Melihat segala sesuatu dengan objektif dan tidak mudah untuk menyimpulkan sesuatu sebelum diuji.

3. Mempraktikkan pemecahan masalah

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mempraktikan pemecahan masalah adalah suatu proses seseorang mengidentifikasi dan menyelesaikan suatu masalah atau tantangan yang dihadapi. Berpikir kritis sangat penting karena dapat membantu seseorang mengidentifikasi akar masalah, mempertimbangkan berbagai solusi yang mungkin, dan memilih solusi terbaik yang didukung oleh data dan informasi yang valid.

4. Berlatih mengevaluasi informasi secara kritis

ilustrasi orang-orang berdiskusi (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Mengevaluasi informasi secara kritis adalah suatu kemampuan untuk memeriksa dan memahami informasi yang diperoleh. Proses ini melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan argumen, menilai kredibilitas sumber informasi, dan membuat keputusan yang tepat berdasarkan fakta dan bukti yang diuji.

Baca Juga: 5 Ciri Orang yang Memiliki Kemampuan Critical Thinking, Profesional!

Writer

Naufal Azwari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya