TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Kreasi Klasik Outfit Office Look, Pahami Rumus Simpelnya

padu-padan outfit ke kantor terasa jadi lebih mudah

inspirasi padu-padan klasik outfit ngantor yang trendi (instagram.com/anaoctarina | instagram.com/sashfir | instagram.com/ameliaelle )

Salah satu kreasi padu-padan outfit yang paling membingungkan adalah pakaian untuk pergi bekerja. Dahulu, pakaian ke kantor digambarkan dengan tampilan yang kurang menarik, kaku, dan sangat monoton. Pakaian ke kantor tersebut umumnya identik dengan sesuatu yang praktis, tak heran sering kali tampak seperti sebuah seragam (meskipun bukan). Bahkan, pakaian kantor untuk wanita pun saat itu seakan jadi berada di bawah bayang-bayang pria.

Pakaian kantor itu identik dengan jas, celana atau celana bahan, serta basic kemeja. Namun, seiring berjalannya waktu telah terjadi evolusi dalam dunia mode yang dianggap menjadi jembatan untuk menghubungkan kesenjangan antara pakaian formal dan informal, khususnya bagi para wanita. Saat ini, tampilan pakaian kantor pun semakin imajinatif  hingga panduan pakaian yang kamu kenakan sering kali saling menginspirasi.

Kantor kamu mungkin masih menerapkan adanya unsur formalitas yang mengharuskan kemeja atau gaya yang lebih sopan, namun ada banyak ruang untuk bermain-main dengan mode. Entah dengan memadukan unsur denim dengan cerdas, knit dalam balutan gaya yang lebih santai, atau blazer dengan t-shirt yang tetap membuatnya rapi saat dipandang. Nah, jika kamu butuh ide padu-padan office look klasik yang tetap aman tapi trendi, sontek dari kreator konten fashion favorit di bawah ini!

1. One set + mules

inspirasi kreasi klasif outfit office look ala Fira Assegaf (instagram.com/sashfir)

Ide outfit pertama adalan one set dengan bahan knit! Kamu bisa pilih modelnya yang lebih formal, dengan sentuhan kerah di bagian top yang membuatnya tetap terlihat elegan. Kamu tentu tidak perlu ribet menyocokkan apakah bagian top dan buttom sudah cocok atau belum. Kamu bisa pilih one set dengan warna serupa atau senada untuk membuat formal look saat ke kantor ini tetap rapi.

Di lain sisi, kamu bisa bermain-main dengan styling hijab yang dikenakan. Tambahkan juga aksesori pelengkap seperti gelang atau kalung. Selain itu, kamu bisa tambahkan mules baik berupa heels atau flat, sesuaikan saja dengan preferensi pemakaianmu. Sebagai catatan, saat ini sepatu hak tinggi dengan gaya 80-an kembali populer. Kamu bisa jadikan ide tersebut sebagai focal point yang membuat penampilan ke kantor yang effortless, namun trendi!

2. Blazer motif gingham + buble skirt + sneakers

inspirasi klasik office look outfit dari influencer Helmi Nursifah (instagram.com/helminursifah)

Kata siapa mengenakan blazer ke kantor terlihat terlalu formal? Kamu bisa kok kreasikan blazer tersebut agar terlihat lebih kekinian, misalnya dengan pilih blazer bermotif. Untuk menghindari kesan berlebihan, kamu bisa pilih blazer dengan motif gingham, motif kotak-kotak yang lebih kecil nan minimalis. Pilih blazer dengan warna netral yang hangat, seperti cokelat tua atau karamel. Sementara untuk bagian buttom, kamu bisa pilih rok dengan potongan bubble atau balon dengan bahan katun.

Intinya, kamu bisa pilih model potongan outfit yang unik, namun agar tetap mempertahankan sentuhan formal, gunakan jenis material yang identik dengan formalitas. Kemudian, sempurnakan kreasi klasik office look ini dengan sneakers berwarna hitam. Namun, agar tampilan sneakers-mu lebih chic, coba tambahkan aksesori berupa shoe clip berbentuk bunga atau ribbon yang sedang populer.

Baca Juga: 10 Outfit Office Look Loose Pants Warna Netral ala Natasya Delanau

3. Long knit kemeja + satin skirt + sepatu marry jane

inspirasi klasik office look yang mudah diaplikasikan (instagram.com/fitrahydy)

Look klasik office nan elegan lainnya yang bisa kamu coba adalah bermain-main dengan bahan satin. Material ini dikenal beri sentuhan formal sekaligus mahal saat dikenakan. Padukan rok tersebut dengan long knit dengan detail kancing vintage yang manis. Cukup kancing kemeja rajut tersebut sampai di bagian perut saja. Kemudian, tarik bagian lengan hingga membentuk lipatan di bagian siku, untuk memberikan kesan lebih modis dan praktis.

Sementara pada bagian alas kaki, kamu bisa pilih sepatu marry jane dengan hak yang sedikit tinggi untuk sentuhan formal yang klasik. Pilih marry jane dengan bahan glossy untuk another twist permainan material outfit lainnya. Menyempurnakan tampilan formal yang berkelas ini, tambhakan juga tote bag anyaman dengan warna mencolok seperti merah marun. Jangan lupakan aksesori pelengkap secukupnya, seperti arloji berwarna silver.

4. Crop blazer + long pant + shocking red bag

inspirasi outfit klasik office look ala Anna Oktarina (instagram.com/anaoctarina)

Earth tone color selalu menjadi ide cemerlang untuk mendasari berbagai ide outfit. Kali ini, warna oat sepertinya tengah menempati popularitas, kamu bisa terapkan pada crop blazer. Untuk menunjukkan tampilan yang lebih jenjang, kamu bisa padukan crop blazer oat tersebut dengan celana panjang warna hitam. Sementara untuk pengguna hijab, warna beige akan cocok menjadi perpaduan sempurna.

Beri sentuhan yang lebih segar dengan menjadikan warna shocking red sebagai sentuhan yang mencuri perhatian. Misalnya, gunakan warna tersebut pada hand bag atau tote bag yang kamu gunakan ke kantor. Kenakan mules heels dengan banyak detail berwarna senada, untuk jadi pilihan alas kaki yang membuat penampilanmu tampak penuh gaya, namun tetap tidak berlebihan.

Verified Writer

Nadhifa Salsabila Kurnia

Menulis dimana saja dan kapan saja

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya