TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menghilangkan Bau Mulut setelah Makan Daging

Terapkan agar lebih percaya diri!

ilustrasi napas bau (freepik.com/Racoon_studio)

Intinya Sih...

  • Air putih membantu membersihkan partikel makanan dan menjaga kelembapan mulut setelah makan daging.
  • Obat kumur antibakteri efektif mengurangi bau mulut dan plak, namun hindari sikat gigi langsung setelah makan.
  • Buah-buahan seperti apel, pir, dan jeruk membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi dan merangsang produksi air liur.

Bukan rahasia lagi bahwa olahan daging memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Aroma harumnya yang kuat juga membuat hidangan satu ini sulit untuk ditolak. Sayangnya, mengonsumsi olahan daging, apalagi dalam jumlah banyak, dapat meninggalkan bau kurang sedap pada mulut.

Melansir Fairfielddentalarts, hal itu terjadi karena tubuh memproduksi keton secara berlebih sebagai hasil akhir metabolisme protein dan lemak yang banyak terkandung dalam daging. Jangan khawatir, tentu ada sejumlah tips untuk menghilangkan bau mulut setelah makan daging yang bisa kamu lakukan, dong! Langsung terapkan, ya! 

1. Minum banyak air putih

ilustrasi orang minum (freepik.com/jcomp)

Air putih adalah cara paling sederhana dan efektif untuk mengatasi bau mulut setelah makan daging. Ketika kamu makan daging, sisa-sisa makanan dan partikel lemak bisa menempel pada gigi dan lidah. Minum air putih membantu mengencerkan dan membilas partikel makanan yang tersisa sekaligus mempercepat proses pencernaan.

Selain itu, air putih membantu menjaga kelembapan mulut. Hal ini sedemikian penting karena mulut yang kering dapat memperburuk bau tak sedap. Untuk itu, minumlah setidaknya satu gelas air putih setelah makan daging dan teruslah minum air sepanjang hari untuk menjaga kadar hidrasi tubuh.

Baca Juga: 5 Cara Detoks Perut Begah setelah Pesta Makan Daging

2. Berkumur dengan obat kumur antibakteri

ilustrasi berkumur (health.clevelandclinic.org)

Obat kumur antibakteri mengandung bahan-bahan aktif yang dirancang untuk membunuh bakteri penyebab bau mulut dan mengurangi plak. Bahan seperti chlorhexidine atau cetylpyridinium chloride bekerja efektif melawan bakteri yang bisa berkembang biak di mulut setelah makan daging. Cobalah berkumur selama sekitar 30 detik sebelum sikat gigi.

Namun, hindari kumur-kumur setelah makan. Dilansir Columbia University Irving Medical Center, menyikat gigi setelah makan berisiko merusak lapisan email gigi. Sebaiknya, tunggu sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi dan berkumur agar kesehatan gigi tetap terjaga dengan baik.

3. Mengonsumsi buah-buahan

ilustrasi buah-buahan (unsplash.com/Julia Zolotova)

Buah-buahan tak hanya menyehatkan. Ia juga membantu mengatasi bau mulut setelah makan daging. Apel, pir, dan jeruk mengandung serat dan air yang membantu membersihkan sisa-sisa makanan dari gigi sekaligus mencegah perkembangan bakteri yang kerap memicu bau mulut. Selain itu, konsumsi buah merangsang produksi air liur yang berfungsi sebagai pelindung alami mulut. Air liur membantu membersihkan partikel makanan, mengurangi bakteri, dan membantu proses pencernaan sehingga mengurangi kemungkinan bau mulut yang tidak sedap.

4. Sikat gigi dan lidah

ilustrasi menyikat gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penting untuk menyikat gigi dan lidah setelah makan daging untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan bakteri. Pasta gigi yang mengandung florida efektif membersihkan gigi dan melindungi dari kerusakan gigi serta pembentukan plak. Jangan lupa juga menyikat lidah karena bakteri dan partikel makanan dapat menempel di permukaannya. Gunakan sikat gigi dengan bulu lembut dan pasta gigi yang memiliki rasa mint atau bahan aktif lain yang memberikan efek segar.

5. Mengunyah permen karet

ilustrasi mengunyah permen karet (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Permen karet adalah solusi praktis untuk mengatasi bau mulut setelah makan daging kalau kamu berada di luar dan tak membawa sikat gigi atau obat kumur. Permen karet dapat membantu meningkatkan produksi air liur yang sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut dan mengatasi bau. Pilihlah permen karet yang mengandung xylitol karena bahan ini dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. Permen karet rasa mentol juga efektif dalam menyegarkan napas. Kunyah permen karet selama beberapa menit setelah makan daging sampai mulut terasa lebih segar.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya