TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tanda Kehidupanmu adalah Impian bagi Orang Lain, Bersyukur!

Don't ever take it for granted!

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ada kalanya kamu merasa gak puas dengan apa yang kamu miliki. Dirimu terus membandingkan diri dengan orang lain. Karena belum berhasil mencapai A atau belum mempunyai B, kamu merasa hidupmu penuh kekurangan. Namun siapa sangka, apa yang kamu anggap kurang atau biasa saja ternyata adalah hidup yang diidamkan orang lain.

Menyadari bahwa hidupmu sebenarnya penuh dengan berkah dapat membantumu mengubah cara pandang terhadap dunia. Hidup yang kamu jalani pun akan lebih bermakna.

Berikut adalah beberapa tanda yang menunjukkan bahwa kehidupanmu sebenarnya adalah impian bagi orang lain. Ingat untuk selalu mensyukuri dan tidak menyia-nyiakannya, ya!

1. Memiliki pekerjaan yang stabil

ilustrasi orang bekerja (pexels.com/Karolina Kaboompics)

Di tengah persaingan yang makin sengit, mencari pekerjaan jadi semakin sulit. Bagi banyak orang, ini membutuhkan perjuangan yang berat dan panjang. Karenanya memiliki pekerjaan dengan gaji tetap dan lingkungan yang baik merupakan suatu pencapaian besar. Namun hal ini sering kali dianggap remeh. 

Pekerjaan yang stabil dapat memberikan rasa aman dan kepastian, sesuatu yang sangat berharga di dunia yang serba tak pasti ini. Di saat orang lain mungkin masih mencari pekerjaan atau menghadapi ketidakpastian karier, kamu sudah memiliki fondasi yang kuat untuk masa depanmu.

2. Hubungan keluarga terjalin harmonis

ilustrasi keluarga harmonis (pexels.com/August de Richelieu)

Hubungan keluarga yang harmonis tidak bisa diukur dengan apa pun. Memiliki hubungan yang baik dengan pasangan, orangtua, atau anak-anak merupakan sesuatu yang sangat diinginkan oleh banyak orang. Sebab, kehangatan dan dukungan dari keluarga menjadi sumber kekuatan yang tak ternilai harganya.

Banyak orang yang mendambakan keharmonisan dalam keluarga, terutama jika mereka terlahir di tengah keluarga yang penuh konflik dan saling abai. Makanya, kalau kamu punya hubungan erat dengan keluarga, selalu syukuri setiap momen kebersamaan kalian dan jaga keharmonisan ini sepanjang waktu.

Baca Juga: 5 Alasan Bersyukur Bisa Bantu Kamu Melihat Hal Baik dalam Hidup

3. Punya rumah untuk berlindung

ilustrasi orang membeli rumah (vecteezy.com/nateemee)

Memiliki rumah sendiri meski sederhana, juga merupakan impian banyak orang. Rumah menjadi tempat di mana seseorang bisa merasa aman, nyaman, dan terlindungi dari dunia luar. Namun biaya membeli rumah yang tak sedikit menjadikannya sulit digapai bagi sebagian besar orang, apalagi harganya semakin meroket setiap hari.

Sementara itu, kamu dapat tinggal dengan nyaman tanpa harus mencari tempat berteduh saat panas atau pun hujan. Terlebih jika kamu berhasil melunasi cicilannya sehingga tak lagi terbebani lagi setiap bulan, ini merupakan suatu anugerah yang patut disyukuri.

4. Bebas menikmati hobi

ilustrasi orang bermain gitar (pexels.com/Akshar Dave🌻)

Kebebasan untuk menikmati hobi dan melakukan hal-hal yang kamu sukai juga merupakan suatu privilege. Tak semua orang memiliki waktu atau kesempatan untuk mengejar hal-hal yang mereka sukai. Banyak di antaranya yang terjebak dalam rutinitas harian yang melelahkan sehingga mereka tak punya waktu untuk diri sendiri.

Kalau kamu masih bisa meluangkan waktu untuk menikmati hobimu, ini adalah tanda bahwa kamu menjalani kehidupan yang seimbang. Menikmati waktu luang dengan kegiatan yang kamu sukai menjadi salah satu sumber kebahagiaan yang kerap disepelekan.

5. Dikelilingi support system yang baik

ilustrasi menghabiskan waktu dengan teman (pexels.com/cottonbro studio)

Tak semua orang beruntung dikelilingi keluarga atau teman yang peduli. Beberapa harus menjalani kehidupan yang keras sendirian, tanpa dukungan siapa pun di sekelilingnya. Saat menghadapi kesulitan, dia hanya punya diri sendiri untuk mengatasinya. Namun ketika hari-hari baik datang, tak ada seorang pun yang bisa merayakan hal tersebut bersamanya. 

Karenanya, memiliki support system yang baik, yang selalu ada dalam suka dan duka menjadi impian terbesar mereka. Kalau kamu mempunyainya, kamu termasuk orang yang beruntung. Maka dari itu, selalu apresiasi orang-orang di sekelilingmu dan jangan sia-siakan mereka agar kamu gak menyesal di kemudian hari.

Kehidupan yang kamu jalani saat ini bisa jadi adalah impian bagi orang lain. Sering kali kita lupa mensyukuri hal-hal kecil yang sebenarnya sangat berarti. Dengan menghargai apa yang kamu miliki, kamu bisa menemukan kebahagiaan dalam kehidupan sehari-hari. 

Baca Juga: 5 Strategi Mengatasi Rasa Iri, Temukan Alasan untuk Bersyukur

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya