TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kebiasaan Finansial yang Mendatangkan Kekayaan, Prosesnya Gak Instan

Dibutuhkan strategi tepat untuk mewujudkannya

ilustrasi sukses finansial (freepik.com/jcomp)

Memperoleh kekayaan bukanlah hal yang instan. Setiap orang harus melalui proses yang panjang, di mana mereka mengorbankan waktu, tenaga, dan pikiran. Tak kalah penting, dibutuhkan strategi yang tepat dan kesabaran yang ekstra untuk mencapainya.

Kamu perlu memiliki fondasi kuat untuk membangun kondisi finansial yang sejahtera dalam jangka panjang. Berikut beberapa kebiasaan finansial yang dapat membantumu mendatangkan kekayaan dan mencapai tujuan keuangan dengan lebih efektif.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Pintar dalam Mengatur Keuangan dan Menabung

1. Investasi yang tepat

ilustrasi investasi (pexels.com/Anna Nekrashevich)

Investasi adalah kunci utama dalam menumbuhkan kekayaan. Menempatkan uangmu pada aset yang berpotensi memberikan imbal hasil tinggi, seperti saham, obligasi, atau properti, bisa sangat menguntungkan. Namun, diversifikasi portofolio investasi juga penting untuk meminimalkan risiko dan memaksimalkan potensi keuntungan.

Jangan hanya menaruh uangmu di satu instrumen investasi saja. Eksplorasi juga instrumen lain, seperti deposito dan reksa dana yang cenderung lebih stabil, sehingga nilai asetmu tetap terlindungi saat pasar saham sedang anjlok. Jangan bosan mempelajari investasi dan ikuti perkembangan pasar agar kamu bisa membuat keputusan yang tepat.

2. Memiliki perencanaan keuangan yang matang

ilustrasi mengatur keuangan (pexels.com/Karolina Grabowska)

Memiliki rencana keuangan yang baik adalah langkah penting dalam menumbuhkan kekayaan. Ini termasuk membuat anggaran, mengatur pengeluaran, dan memprioritaskan kebutuhan di atas keinginan. Dengan memiliki perencanaan yang matang, kamu dapat mengontrol keuanganmu dengan lebih baik.

Menghindari utang yang tak perlu dan memastikan bahwa kamu memiliki cadangan dana untuk keperluan mendesak juga merupakan bagian dari perencanaan keuangan yang baik. Semua ini membantu menjaga stabilitas finansial dan mempermudah kamu untuk mencapai tujuan keuangan jangka panjang.

3. Pendidikan dan pengembangan diri

ilustrasi mahasiswa belajar (pexels.com/Tima Miroshnichenko)

Di dunia yang semakin dinamis, penting untuk selalu bisa beradaptasi dengan perubahan. Terlebih di tengah perkembangan teknologi yang pesat, banyak pekerjaan manual yang bisa digantikan oleh artificial intelligence (AI). Karenanya, kamu perlu menguasai skill yang unik dan tak tergantikan oleh teknologi.

Dengan meningkatkan keterampilan, kamu dapat membuka peluang karier yang lebih baik. Penghasilanmu pun bisa ikut meningkat karenanya. Ini bisa diperoleh melalui pelatihan profesional atau pendidikan formal di bidang yang kamu minati. Ingat, investasi pada diri sendiri bisa meningkatkan value-mu sehingga kamu menjadi magnet untuk hal-hal positif.

Baca Juga: 7 Indikator Kondisi Finansial Mulai Tak Terkendali, Tergiur Pinjol?

4. Memulai bisnis atau sumber pendapatan selain gaji

ilustrasi perempuan menjalankan bisnis online (freepik.com/studioredcup)

Memulai bisnis atau mencari sumber penghasilan tambahan dapat menjadi cara yang efektif untuk meningkatkan kekayaan. Bisnis yang dikelola dengan baik bisa menghasilkan keuntungan yang mendorong pertumbuhan finansial. Dengan ini, kamu juga dapat menyediakan lapangan pekerjaan dan memberdayakan orang-orang di sekitarmu.

Selain itu, memiliki sumber penghasilan lain membantu melindungi keuanganmu dari risiko ketidakstabilan finansial. Sebagai contoh, jika kamu tiba-tiba mengalami layoff, kamu takkan langsung jatuh karena punya penghasilan di luar gaji bulanan. Kamu juga bisa tetap memperoleh penghasilan walau belum mendapat pekerjaan baru.

Verified Writer

Nadhifa Arnesya

There's art in (art)icle. Hence, writing an article equals to creating an art.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya