TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Tips Menguatkan Mental saat Kamu Hampir Patah Semangat

Patah semangat bukan berarti menyerah 

ilustrasi patah semangat (unsplash.com/Stefan Spassov)

Ada kalanya seseorang hampir patah semangat dalam menjalani hidup. Kamu merasa terpuruk tanpa daya. Sekadar menatap masa depan pun rasanya tak pantas. Kamu merasa mustahil bisa bangkit kembali.

Namun, hidup harus tetap dilanjutkan. Saat ini kamu boleh rapuh, tapi mentalmu harus segera diperbaiki. Jangan sampai kondisi terpuruk itu berlarut-larut. Untukmu yang hampir patah semangat, tidak ada salahnya mencoba lima tips di bawah ini.

1. Tengoklah kembali perjuangan yang telah kamu lakukan 

ilustrasi merenung (unsplash.com/JD Mason)

Menghadapi lika-liku perjuangan, rasa bosan dan lelah pasti ada. Terlebih saat perjuanganmu tak kunjung membuahkan hasil. Kamu khawatir jika sudah bersusah payah tapi hanya berakhir sia-sia.

Kadang semangat itu padam, tapi kamu harus tahu cara mengatasinya. Tengoklah kembali perjuangan yang telah lama kamu lakukan. Bakal sangat rugi jika kamu berhenti dan mengorbankan perjuangan selama ini.

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Gampang Patah Semangat, Kerap Pesimis!

2. Lihatlah mereka yang menaruh harapan di pundakmu 

ilustrasi merenung (unsplash.com/Ethan Sykes)

Fase patah semangat pasti pernah kamu jumpai. Rasa kecewa dan penyesalan pasti ada. Kamu seolah tidak sanggup melangkah dan pasrah dengan keadaan. Di titik ini kamu harus menguatkan mental.

Saat patah semangat itu muncul, lihatlah mereka yang menaruh harapan di pundakmu. Ingat, jika kamu berjuang bukan untuk diri sendiri, tapi juga untuk mereka yang menaruh harapan besar agar dirimu berhasil.

3. Lihatlah orang-orang yang sejauh ini sudah mendukungmu 

ilustrasi teman akrab (unsplash.com/Dim Hou)

Mungkin kondisi yang kamu alami sedang kurang menguntungkan. Situasi seperti tak berpihak. Realita yang jauh dari ekspektasi bikin dirimu patah semangat. Seolah tidak sanggup lagi untuk melanjutkan perjuangan.

Saat kamu patah semangat, segera kuatkan mental dengan tips satu ini. Lihatlah orang-orang yang sejauh ini sudah mendukungmu. Sekarang ini kondisimu memang kurang menguntungkan, tapi kamu tidak berdiri sendirian.

4. Kamu tetap punya kesempatan bangkit asal mau berusaha 

ilustrasi menatap pemandangan (unsplash.com/Esperanza Doronila)

Tantangan terbesar dalam meraih keberhasilan adalah patah semangat. Harapan yang dulu menggebu-gebu kini padam. Kamu tidak lagi bergairah mewujudkan cita-cita dan ambisi yang dulu jadi kebanggaan.

Patah semangat adalah fase yang wajar, tapi mental harus dikuatkan kembali. Katakan pada diri sendiri kamu tetap punya kesepakatan bangkit asal mau berusaha. Roda kehidupan tetap berputar asal dirimu tidak menyerah.

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Gak Punya Banyak Kemauan dalam Hidup, Patah Semangat?

Verified Writer

Mutia Zahra

Let's share positive energy

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya